SIPA 2014 : GARA-GARA PANITIA

GARA-GARA PANITIA

SIPA 2014 (Solo International Performing Art), adalah sebuah acara budaya yang digagas oleh mantan Wali Kota Solo Joko Widodo. Kota yang bertetangga dengan DIY ini menyuguhkan beberapa acara disetiap bulannya, tak hanya acara tahunan, acara yang rutin dilaksanakan disetiap bulannya seperti sendhatari ramayan juga selalu dikemas hangat oleh Pemkot Surakarta ini. Setiap acara yang akan digelar tak lepas dari segelintir kendala yang menghantui kegagalan acara tersebut. Tak mengenal berapa tahun acara tersebut dilaksanakan, namun kendala selalu saja hadir untuk mengiringi suksesnya pertunjukkan.

“Banyak kendalanya, kendala pertama itu selalu saja dana, setiap tahun kita selalu saja kerja keras untuk dana” jelas Ira selaku ketua pelaksana SIPA 2014. Acara yang berjalan selama tiga hari ini selalu mendapat suntikan dana dari pemkot sendiri, tak hanya pemerintah Kota Solo, Kementerian, Provinsi Jawa tengah, serta sponsor juga ikut andil dalam berjalannya acara ini. Dua kementerian sekaligus yang berperan dalam acara yang digelar di dalam Benteng Vasternburg ini, Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementeriaan Pemuda dan Olahraga.

Tak hanya dana, Ira menuturkan bahwa kendala yang juga mempengaruhi SIPA ini adalah panitia. “Setiap tahunnya barganti-ganti suasana baru, dan harus mengajari mereka yang baru-baru. Biasanya 20% panitia tetap disetiap tahunnya dan 80%nya selalu beda orang” ujar Ira saat diwawancarai tim Soloevent di atas panggung selepas syukuran SIPA 2014 rabu sore (10/9). Tak ada target tertentu dalam pemilihan panitia, namun SIPA 2014 menuntut komitmen yang tinggi, kerja keras, serta team work yang kuat dalam menjalankan acara berbau budaya ini.

Batasan usia pun tak menjadi masalah untuk ikut berkontribusi sebagai panitia. “Pendaftaran panitia bisa lewat sosmed, kampus-kampus, dan mulut ke mulut”, tutur Ira. Jadi buat kamu yang minat jadi panitia SIPA 2015 siap-siap daftar yaaaa. Jangan lupa setelah keterima juga ada tes dan pelatihan tersendiri buat nguji ketersediaan kamu menjadi panitia acara berkelas internasional ini.