Rumah Banjarsari: Tempatnya Masyarakat Berekspresi

0
156
Foto: Rumah Banjarsari Facebook Group

Soloevent.id – Minimnya kawasan ruang publik di Solo bikin Zen Zulkarnaen dan kawannya berinisitaif membuat Rumah Banjarsari. Zen yang berlatar belakang di dunia kesenian menganggap rumah kuno di daerah Banjarsari tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ruang ekspresi warga Solo.

Gagasan itu tercetus 1,5 tahun yang lalu. Kemudian dengan sistem “gotong royong”, ia dan kawan-kawan mulai membangun dan menjadikan halaman Rumah Banjarsari sebagai alternatif ruang publik.

Foto: Rumah Banjarsari Facebook Group

“Kebetulan pemiliknya sering di Jakarta dan meminta agar tempat ini bisa dimanfaatkan. Lalu saya dan teman-teman patungan, mulai dari kursi, meja, dll. Sebenarnya untuk investor ada, tapi kami memilih untuk mengelola sendiri,” tuturnya saat ditemui Soloevent di Rumah Banjarsari, Jumat (21/12/2018).

Namun, hanya halaman sekitar Rumah Banjarsari yang dijadikan ruang publik. Ini karena rumah intinya masih menjadi milik pribadi keluarga Mangkunegaran dan tidak diperkenankan dipakai orang umum.

Foto: Rumah Banjarsari Facebook Group

Area yang digunakan sebagai ruang publik hanya halaman depan, belakang, dan samping. Halaman depan dan samping dimanfaatkan untuk kafe atau foodcourt. Sementara, wilayah belakang digunakan untuk ruang berkesenian, ruang baca, dan diskusi. Selain itu ada ruang terbuka untuk latihan musik, muay thai, tari, dll.

Banyak agenda yang sering dilakukan di Rumah Bajarsari, seperti pameran, diskusi, dan tempat latihan komunitas. Misalnya di salah satu ruang tersimpan gamelan dari sanggar Muntilan. Gamelan tersebut digunakan latihan setiap seminggu dua kali.

“Biasanya selalu ramai tiap weekend, seperti lomba mewarnai untuk anak-anak,” ujar pengelola Rumah Banjarsari tersebut.

Zen menambahkan ke depannya akan membangun art shop dan menghias Rumah banjarsari dengan tanaman. Bulan depan (Januari 2019) sudah ada art shop yang menjual kacamata kayu. Sedangkan, tanaman akan dibudidayakan agar bisa jadi sarana edukasi bagi warga Solo.



Zen berharap Rumah Banjarsari bisa digunakan para pegiat seni dalam berekspresi dan tempat berkumpul yang nyaman untuk warga Solo.

Kamu bisa main ke Rumah Banjarsari untuk sekedar kongkow bareng teman atau nonton pementasan seni. Tempat ini berada di Jl. Syamsurizal, Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here