Membingkai Semangat Pasar Legi dalam Jepretan Foto

244

Soloevent.id – Akhir Oktober lalu, Pasar Legi Solo terbakar. Kebakaran itu menghanguskan bangunan sisi utara dan barat pasar serta membuat banyak pedagang kehilangan tempat berjualannya.

Peristiwa tersebut membuat lintas komunitas fotografi se-Solo Raya menggelar pameran foto bertema “Pasar Legi” di Rumah Banjarsari, 18-23 Desember 2018. Ada 40 karya dari berbagai genre fotografi yang dipamerkan.

Salah satunya adalah jepretan Awan Kinton. Dia menggambarkan seorang ibu yang sedang memanggul dagangannya. Di belakangnya tampak tulisan “Pasar Legi” yang masih utuh. Foto tersebut diambil sebelum peristiwa kebakaran terjadi.

Di atas foto itu terdapat bingkai lainnya yang menampilkan ibu-ibu buruh gendong. Namun bedanya, latar belakang foto menunjukkan Pasar Legi yang telah luluh lantak karena terbakar. Foto itu dan foto-foto lainnya seolah ingin menunjukkan bahwa semangat warga Pasar Legi tidak akan redup meski terkena musibah.



Salah satu panitia pameran Argi Putra mengatakan dipilihnya Pasar Legi sebagai tema untuk mengingat kembali aktivitas yang sering terjadi di Pasar Legi.

Selain pameran, ada beberapa rangkaian acara, seperti “Ngobrol Santai Street Fotografi Bersama Mas Awan Kinton”, “Diskusi dan Workshop Bareng Mas Ade Rizal”, hunting foto model, dan hunting street photography.