Rektor ISI Surakarta Kepincut Sepatu Buatan Mahasiswa Jurusan Kriya

0
107
REKTOR ISI SURAKARTA KEPINCUT SEPATU BUATAN MAHASISWA JURUSAN KRIYA

REKTOR ISI SURAKARTA KEPINCUT SEPATU BUATAN MAHASISWA JURUSAN KRIYA

Mahasiswa angkatan 2013-2015 Jurusan Kriya Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta berkolaborasi membuat pameran bertajuk Nata Niti Natas #3 di Galeri Seni Rupa Kampus II ISI Surakarta, Senin-Kamis (11-14/1/2016). Pameran tersebut merupakan karya tugas semester ganjil dari mata kuliah Lukis Batik, Ornamen, Kriya Kayu 2, Gambar Model, dan lainnya.

Di salah satu sudut Galeri Seni Rupa, para mahasiswa men-set up ruang pamer layaknya toko sepatu. “Inilah yang membedakan dari pameran-pameran sebelumnya. Ruangan ini sengaja kami setting sedemikian rupa supaya pengunjung seperti masuk ke dunia yang baru, bukan dunia pameran” tutur Ketua Pelaksana Nata Nitis Natas #3, Muhammad Nasrudin, Rabu (13/1/2016).

Baca juga Karya Keren Dipamerkan Di Nata Niti Natas #3

Aneka sepatu berbahan kulit disusun rapi seperti lazimnya toko sepatu. 20 pasang sepatu kulit itu disusun beralaskan kain putih yang menambah kesan elegan. Sepatu-sepatu tersebut merupakan karya tugas dari mata kuliah Kulit 3, yang dikerjakan secara handmade. “Kami ingin membuat sesuatu yang beda. Tidak hanya full karya seni, kami juga membikin produk yang nantinya bisa dijual,” jelas Muhammad.

Karya-karya tersebut berbahan kulit kalep dan suede. Sepasang sepatu  menghabiskan 3,5 lembar kulit. Menurut Muhammad, dalam prosesnya pembuatannya, para mahasiswa dituntut untuk rapi. Tak hanya keunikan sepatu, mahasiswa juga dituntut kreatif dalam pembuatan packaging.

REKTOR ISI SURAKARTA KEPINCUT SEPATU BUATAN MAHASISWA JURUSAN KRIYA

Nah, saking uniknya, banyak pengunjung yang menanyakan harga sepatu-sepatu tersebut. “Bahkan Bu Rektor [Sri Rochana] saat berkunjung ke pameran ini sempat mencoba beberapa sepatu. Beliau kepincut dengan sepatu-sepatu ini. Tapi kami bilang, sepatu ini tidak dijual,” jelasnya sembari terkekeh.

Selain sepatu, Pameran Nata Niti Natas #3 juga menampilkan beberapa karya seperti pamor keris, vas bunga, lukis kaca, nirmana, lukis batik, dan lainnya. Lebih kurang 200 karya dipamerkan di acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here