Ratusan Stan dan Puluhan Artis Siap Meriahkan Pasar Malam Sekaten 2022

105

Soloevent.id – Selama sebulan penuh dari 16 September – 16 Oktober 2022 Keraton Kasunanan Solo punya agenda akbar Pasar Malam Sekaten. Gelaran ini berpusat di Alun-Alun Utara dengan puncak acara berupa tradisi kirab gunungan dari keraton menuju Masjid Gede atau Masjid Agung yang terletak di sebelah barat alun-alun.

Selain itu ada tradisi lain yang tak pernah terlewatkan, dibunyikannya gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari di kompleks masjid. Untuk tradisi kirab gunungan, kemungkinan akan berlangsung pada Sabtu 8 Oktober 2022 siang. Sedangkan tabuhan gamelan biasanya dimulai satu pekan sebelum kirab gunungan.

Pada masa lalu, kedua jenis acara adat ini digunakan oleh Wali Sanga sebagai media syiar agama Islam. Melalui paduan pertunjukan seni gamelan dan dakwah, penyebar ajaran Islam di tanah Jawa tersebut berhasil mengajak masyarakat untuk mempelajari sekaligus memeluk agama Islam.

Kemudian di era Mataram Islam, oleh Keraton Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta tradisi ini dipertahankan. Bukan hanya untuk mengenalkan ajaran Islam saja, tradisi tersebut juga menjadi peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Wahana Permainan dan Panggung Hiburan

Selama gelaran sekaten berlangsung, alun-alun akan dipenuhi oleh ratusan stand yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk pengunjung. Tersedia pula berbagai jualan khas sekaten seperti pecut, celengan, kapal-kapalan, gangsingan, telur asin, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa, mulai dari bianglala, kora-kora, mobil senggol, tong setan, mandi bola, rumah hantu, dan lainnya. Berdasarkan laporan dari Solopos, harga tiket untuk masuk ke masing-masing wahana adalah Rp15.000 per orang. Sedangkan pasar malamnya sendiri, bersifat gratis.

Selanjutnya masih ada panggung hiburan yang akan diisi oleh puluhan artis lokal dan Jakarta. Beberapa diantaranya yaitu Farel Prayoga, Abah Lala, Happy Asmara, Denny Caknan, Guyong Maton, dan Dara The Virgin. Mereka siap memberikan sajian musik dan lagu terbaik untuk para penggemarnya.

Event Organizer (EO) Diana Ria Enterprise yang bertindak sebagai panita utama dan penyelenggara even ini memasang harga tiket antara Rp20.000 sampai Rp150.000. Penentuannya berdasarkan tingkat kepopuleran artis atau penampil yang naik pentas dan lokasi tempat pilihan.

Sebelumnya pihak EO dan keraton sudah mengadakan wilujengan atau doa bersama pada Kamis 15 September 2022 di Kori Kamandungan. Hal ini bertujuan agar seluruh rangkaian acara dalam perayaan sekaten bisa berlangsung lancar tanpa kendala.

Menurut perkiraan, even tahunan ini akan didatangi oleh ratusan ribu pengunjung baik dari Kota Solo sendiri hingga luar daerah. Penyebabnya antara lain karena masyarakat sudah sangat rindu dengan tradisi sekaten karena sebelumnya selama dua tahun absen digelar akibat pandemi covid-19.

Berkenaan dengan hal ini panitia juga telah menyiapkan area parkir pengunjung di sisi kiri dan kanan alun-alun. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengakses pasar malam.