KREASSO 2016 JADI WADAH KREATIVITAS PELAJAR KOTA SOLO

edit

Soloevent.id – Selama tiga hari, Kamis-Sabtu (15-17/9/2016), kreativitas dan prestasi pelajar-pelajar Kota Solo akan dipamerkan dalam wadah Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso) 2016. Acara yang digelar di Benteng Vastenburg itu diramaikan oleh expo dan performing art.

Di edisi kali ini ada 38 stan pendidikan yang memamerkan produk-produknya. Para peserta expo berasal dari SMP, SMA, SMK, UPTD Pendidikan, UNS, dan beberapa komunitas. “Ada produk menarik antara lain mesin pencacah rumput dan sampah,” terang Ketua Panitia Kreasso 2016, Anan Kurniawan, saat memberikan sambutan di Grand Opening Kreasso 2016, Kamis malam.

Selain yang disebut di atas, ditampilkan pula batik bikinan pelajar Kota Solo. Ada juga pameran robotik karya mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Tak hanya expo, Kreasso 2016 juga menyediakan panggung seni yang diisi oleh para pelajar dari tingkat taman kanak-kanak hingga menengah atas/kejuruan. Anan menjelaskan, ada 58 penampil yang bakal unjuk gigi selama bergulirnya event.

Dalam Grand Opening Kreasso 2016 pelajar-pelajar yang mengharumkan nama Kota Solo di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 tingkat nasional, diberikan kesempatan untuk tampil menunjukkan bakatnya.

Pelajar-pelajar berprestasi di bidang seni tersebut berasal dari SMP N 1 (vokal grup, juara 1), SMK N 6 (solo vokal, juara 2), SMP Pangudi Luhur Bintang Laut (solo gitar, juara 1), SMA N 4 (tari tradisi, juara 3), dan SMP N 19 (tari tradisi kreasi, juara 1).

Anan menuturkan, event bertema “Dream Student for Future” ini dihelat untuk mengapresiasi karya dan produk dari sekolah-sekolah di Solo. “Kreasso merupakan acara tahunan yang dibuat oleh pelajar untuk pelajar,” urainya.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memberikan apresiasi atas digelarnya Kreasso 2016. Ia mengatakan, Kreasso adalah ajang pemanasan bagi siswa-siswi sebelum melaju ke lomba atau kegiatan di tingkat regional maupun nasional.

Rudy juga berpesan kepada orangtua murid agar mendukungnya anak-anaknya untuk berkreasi dalam Kreasso. “Dari acara ini diharapkan mampu memunculkan sumber daya yang siap bekerja dan bersaing di era globalisasi ini,” tuturnya.