Fauzi Transformers: Tetap Kerja Meski Kostumnya Pengap

679

Soloevent.id – Kalau kamu sering main ke car free day Solo atau lampion Imlek Pasar Gede, mungkin kamu kerap bertemu dengan orang-orang yang memakai kostum robot. Kehadiran mereka selalu menarik perhatian, terutama anak-anak. Di mana ada mereka, di situ ada bocah-bocah yang meminta foto bersama.

Salah satu cosplayer tersebut adalah Fauzi (32). Sudah lima tahun ini dia menekuni pekerjaan itu. Perjalanan Fauzi bermula dari Bandung. Awalnya, dia memakai kostum boneka badut. Namun, karena banyak yang ikut-ikutan, ia akhirnya bikin kostum baru, yaitu Transformers. “Saat itu lagi tren robot Transformers, jadi saya dan teman-teman bikin kostum robot,” ujarnya saat ditemui Soloevent di area Lampion Imlek Pasar Gede, Jumat (24/1/2020) sore.

Dari Bandung, Fauzi dkk. pindah ke Kota Semarang. Setiap pagi dan sore, dia bekerja di Simpang Lima. Mereka juga sering main di mal dan festival di beberapa kota. Di Solo, Fauzi pernah main cosplay di Hartono Mall Solo Baru. “Saat itu momen liburan, saya main di mal cari momen dulu, waktu liburan sekolah atau momen tertentu. Dulu juga pernah mau diundang salah satu program TV,” katanya.

Pria asal Salatiga tersebut mengaku membikin sendiri kostumnya. Bahannya dari spon, styrofoam, dan kayu. Lalu, dia kreasikan menjadi bentuk robot. Berat kostum Transformer-nya bisa mencapai 15 kilogram. Dia menjelaskan kostumnya tersebut lebih ringan dibandingkan awal-awalnya dulu yang hanya memakai kayu dan besi bekas.

Fauzi biasa tampil selama tiga jam atau lebih tergantung situasi dan kondisi di lapangan. “Kalau dibilang pengap saat memakai kostum, memang benar, tapi karena ini sudah menjadi pekerjaan, saya senang melakukannya,” tambahnya.



Karena sudah berkeluarga, hampir tiap hari Fauzi harus bolak-balik Solo-Salatiga. Kostum robot Transformers dibawanya menggunakan motor.

Selama Festival Imlek di Pasar Gede, Fauzi beraksi setiap hari mulai jam 19.00-22.00 WIB. Sehabis foto bareng cosplay Transformers-nya Fauzi, kamu cukup bayar seikhlasnya.