Angkat Hal Tabu, Dua Garis Biru Tuai Kontroversi

237

Soloevent.id – Pendidikan seks masih dianggap tabu oleh masyarakat. Makanya, beberapa waktu lalu, film Dua Garis Biru sempat menuai kontroversi karena dinilai menimbulkan efek negatif terutama bagi generasi muda.

Sutradara Dua Garis Biru Gina S Noer mengungkapkan bahwa film ini sebenarnya memberikan ilustrasi pemahaman dan pembelajaran mengenai banyak hal. “Mulai dari hubungan keluarga, konsekuensi dan tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan, serta memahami pentingnya edukasi pendidikan seksual sejak dini,” jelasnya saat jumpa pers di The Park Mall, Rabu (10/7/2019).

Film Dua Garis Biru menceritakan tentang perjalanan cinta remaja bernama Bima (Angga Yunanda) dan Dara (Zara JKT48) yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Keduanya telah melakukan hal di luar batas saat menjalin hubungan. Hal tersebut berdampak langsung terhadap kehidupan mereka secara keseluruhan. Berbagai intrik terjadi mulai dari keluarga hingga lingkungan sekolah mereka.

Salah satu pemeran, Zara JKT48, mengatakan pendidikan seks dari guru maupun orangtua adalah hal penting agar remaja mendapat pengetahuan yang benar dan tidak salah langkah. “Aku biasanya kalau cerita lebih nyaman ke teman. Akan lebih berbahaya jika remaja mendapat informasi menyesatkan dari orang yang salah. Lewat film ini aku belajar, dari yang sebelumnya belum tahu menjadi tahu dan makin menghargai diri sendiri,” ujarnya.



Gina mengharapkan bahwa film yang menyasar anak muda ini lebih bisa menimbulkan diskusi positif.

Selain nama-nama di atas, Dua Garis Biru juga dibintangi oleh Cut Mini, Lulu Tobing, Dwi Sasono, Misya Kana, Rachel Amanda, Bintang Emon, Lidwina Hananto, Rahma Alia, Irgi Fahrezi, Cindy JKT48, Shakira Jasmine, Rafil Prasetya, dan lainnya. Film ini tayang serentak di bioskop pada 11 Juli 2019.