Vox Magistra FKIP UNS Juarai Festival Paduan Suara

1593

Lomba paduan suara di the park-02_

Minggu (7/9/2014), Vox Magistra FKIP UNS tampil energik. Sebanyak 7 anggota vokal pria dan 21 member wanita, tampil mengenakan baju lurik dan kebaya yang dipadukan dengan kain jarit. Di penampilan keduanya malam itu, mereka membawakan “Gundul-Gundul Pacul”. Lagu daerah Jawa Tengah yang bernuansa ceria tersebut menjadi lebih ceria berkat aransemen ulang yang mereka lakukan.

Dengan pembagian suara sopran, alto, tenor, bas yang rapi, mereka menebar senyum di repertoar terakhirnya. Grup paduan suara yang berdiri 10 tahun lalu itu juga menyisipkan koreografi sebagai pemanis penampilan di panggung. Bahkan di sesi awal ketika menyanyikan lagu “Api Kemerdekaan”, mereka menyisipkan aksi teatrikal.

“Di setiap penampilan, trade mark kami itu ada sedikit teatrikal dan koreografinya,” beber Kepala Bidang Kepelatihan Vox Magistra yang merangkap sebagai conductor, Achmad Ghufron. Menurutnya, ia dan rekan-rekan grup vokalnya membutuhkan waktu dua minggu untuk mempersiapkan performance terbaik.

Selain Vox Magistra FKIP UNS, tampil juga malam itu Voca Smanra SMAN 1 Kartasura dan Voca Al-Kindi UMS. Ketiganya unjuk kebolehan dalam babak final Festival Paduan Suara Antar Pelajar dan Mahasiswa yang dihelat oleh The Park Solo.

Menurut keterangan Public Relation Staff The Park Mall, Tiwik Widowati, 10 peserta turut meramaikan ajang yang memperebutkan Piala Bupati Sukoharjo itu. Mereka berasal dari SMA dan universitas yang tersebar di Soloraya, antara lain Univet Bantara, Unisri, UMS, UNS, dan lain-lain. Seleksi dilakukan pada Sabtu (6/9/2014).

Lomba paduan suara di the park-03_Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menyempatkan diri hadir dalam event lomba di the park solo itu. Dia mengutarakan semangat nasionalisme harus tetap ditumbuhkembangkan. “Melalui acara ini, saya berharap agar generasi muda bisa menanamkan kembali nilai kebangsaan,” ujar pemimpin daerah yang dipastikan kembali maju sebagai calon Bupati Sukoharjo dalam Pilkada 2015 itu.

Setelah melalui tahap penilaian yang didasarkan pada materi suara, teknik suara, interpretasi lagu, penampilan, dan kekompakan tim paduan suara, Vox Magistra FKIP UNS berhasil menyabet juara 1 dalam lomba tersebut. Tampil sebagai juara 2 yakni Voca Smanra SMAN 1 Kartasura. Sedangkan  Voca Al-Kindi UMS mendapatkan juara 3.