Anak Muda Kota Solo Berkreasi Dalam Kota Kata Kita

1239

kota-kata-kita

Soloevent.id – Sekelompok anak muda yang menamakan dirinya #Nataningratan bakal mengadakan proyek seni bertajuk Kota Kata Kita. Event ini dikonsep dengan sentuhan anak muda dan berusaha menceritakan tentang Kota Solo.

Ada empat rangkaian yang ada dalam acara ini. Yang pertama adalah launching buku “Kota Kata Kita” karya dua peneliti muda asal Malaysia, Khairunnisa Bte Abdul Ghani dan M. Samsul Bahri. Buku ini memaparkan riset singkat mereka – yang dilaksanakan dari Januari-Februari 2017 – tentang praktik budaya visual di Solo.

Dua peneliti muda tersebut juga akan menayangkan vlog dan “Kata Kita Project” yang dibuat selama masa riset. Karya audio visual itu bercerita tentang potret keseharian masyarakat Solo. Karya ini merupakan upaya partisipatif untuk mengumpulkan suara-suara warga Solo.

Kota Kata Kita juga bakalan dimeriahkan dengan pameran seni visual “Yang Muda Bicara Kota”. Pameran ini menampilkan karya ilustrasi bikinan mahasiswa Seni Rupa FSRD ISI Surakarta, Prodi Seni Rupa FKIP UNS, dan perupa muda Kota Solo.

Sebagai penutup, akan ada pertunjukan musik dari beberapa band indie Kota Solo dan grup pop akustik dari Jakarta yang sedang menjalani tur “Bersenja Gurau Tour 2017”, Senar Senja.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Soloevent, #Nataningratan mengungkapkan kalau proyek yang mereka jalani ini adalah cara mereka untuk mencatat, mengingat, menghargai pengalaman, mempertemukan ekspresi dari cerita-cerita anak muda terhadap kota yang mereka tinggali.

“Program ini diharapkan menjadi ruang anak muda untuk menyuarakan aspirasi anak muda terhadap kota dan mengaktualisasikan potensi yang mereka miliki,” terangnya. Kota Kata Kita bakalan digelar di Muara Market, Sabtu (4/3/2017), mulai jam 19.00 WIB.