5 Rekomendasi Aplikasi Penunjang Event Webinar Terbaik

190

Webinar adalah singkatan dari web seminar, sebuah aktivitas berbentuk seminar online yang memanfaatkan teknologi internet serta perangkat lain dalam pelaksanaannya. Webinar atau seminar online menjadi marak dilaksanakan karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai dan membuat banyak orang tidak bisa berkumpul untuk mengadakan kegiatan.

Kegiatan webinar ini menjadi salah satu alternatif kegiatan ilmiah yang banyak diminati. Selain perangkat komputer dan kuota internet, aplikasi yang digunakan untuk seminar tentunya harus diperhatikan, berikut 5 rekomendasi aplikasi webinar terbaik dirumah.

 

  1. Zoom Meeting

Aplikasi zoom meeting menjadi primadona yang banyak digunakan akhir-akhir ini. Aplikasi besutan Eric Yuan ini menjadi aplikasi meeting dalam jaringan paling banyak digunakan selama pandemi Covid-19.

Zoom menyediakan video dengan kualitas HD dengan audio jernih sehingga nyaman digunakan saat kegiatan webinar. Aplikasi ini dirilis tahun 2013 yang bisa menampunga maksimal 100 peserta. Selain mendownload aplikasi, ini juga bisa diakses melalui website. Aplikasi ini juga bisa dihubungkan melalui facebook dan youtube.

  1. Google Hangouts

Aplikasi ini merupakan salah satu besutan google yang memiliki banyak fungsi diantaranya messaging, HD video call, voice call dan HD Group conferencing. Aplikasi ini terintegrasi dengan G suite yang bisa mengumpulkan orang-orang melalui link URL web, laptop maupun aplikasi pada ponsel. Tentunya, Google Hangouts ini dapat digunakan secara gratis. Google Hangouts juga menyediakan fitur screen sharing ke peserta seminar lainnya.

  1. LiveStorm

Livestorm menjadi salah satu pilihan untuk mendukung kegiatan seminar, meeting, maupun kursus online. Sama seperti aplikasi seminar online lainnya., livestorm juga menyediakan fitur yang mendukung kegiatan seminar. Namun, livestorm hanya bisa digunakan oleh 8 peserta saja. Meskipun begitu, livestorm juga memiliki sejumlah kelebihan seperti adanya enkripsi yang menjamin keamanan data host maupun peserta.

  1. GoTo Webinar

Jangkauan peserta dari GoTo Webinar sangat luas yaitu mencapai 5000 peserta dalam satu kali pertemuan. Fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah mengajukan jajak pendapat, survei online setelah webinar berakhir hingga sesi Q&A.

 

  1. Aplikasi ezTalks

Eztalks menjadi aplikasi yang direkomendasikan karena mempunyai fitur penunjang yang sangat lengkap. Beberapa fitur tersebut antara lain file sharing, chat, berbagi layar, serta fitur multi perangkat. Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan secara bebas. Pengembang membatasi durasi yang hanya 40 menit selama satu kali webinar, serta sejumlah fiturnya dibatasi hanya untuk versi premium.

 

 

Source:

7 Aplikasi Webinar Terbaik