Strategi Memilih Pembicara Webinar Agar Banyak Peserta

174

Biasanya webinar yang sukses tertuju pada kehadiran penonton dengan menikmati sajian materi yang diberikan. Namun, saat pandemi ini kegiatan event yang beralih ke online memungkinkan sebuah tayangan yang berbobot dan cakap di depan layar supaya membuat penontonnya tidak bosan dan mengecewakan. Maka dari itu, berikut strategi memilih pembicara dalam webinar agar banyak peserta yang daftar.

 

 

  1. Memilih pembicara dengan tema sesuai dengan target

Pertama-tama tema yang dipilih harus sesuai kebutuhan target. Pikirkan ilmu apa yang kira-kira target ingin dapatkan. Lalu, kumpulkan data beberapa calon pembicara yang ahli dalam topik tersebut sebelum akhirnya menentukan pembicara webinarmu.

  1. Konsisten dengan fokus pengembangan program

Sebelum mulai, fokus pada pengembangan program terlebih dahulu. Setiap pembicara harus memenuhi fokus tersebut. Antara lain self development; entrepreneurship; creative; health & lifestyle; parenting. Prioritas ditentukan dari seberapa sejalan materi yang dikuasai pembicara dengan pengembangan program tersebut.

  1. Melihat pasar atau daya jual pembicara

Bonus yang bikin penjualan tiket webinar jadi makin bagus adalah memilih pembicara yang sudah memiliki audiens dan followers tersendiri. Entah pembicara tersebut aktif di komunitas, aktif di media sosial atau aktif mengisi di berbagai webinar.

  1. Yang harus dilkaukan dan jangan

Do’s

  • Persiapan matang mulai dari brief sampai penjualan, minimal 1 bulan
  • Menentukan target market yang tepat untuk webinar yang mau dijalankan
  • Menentukan waktu dan harga sesuai tren yang ada

Don’ts

  • Persiapan asal-asalan dengan prinsip “yang penting webinarnya terlaksana”
  • Meremehkan persiapan-persiapan kecil, terutama perihal teknis pra hari H dan pasca
  • Hanya fokus ke webinar berbayar. Sesekali buatlah webinar gratis memperluas target market
  1. Tips tambahan untuk pemula

Buatlah rangkaian acara yang menarik tidak langsung berbayar tetapi diselingi dengan webinar gratis sebelum berbayar. Webinar gratis adalah ajang promosi untuk webinar berbayar.

 

Source:

https://www.loket.com/blog/memilih-pembicara-webinar