5 Podcast Ini Bisa Temani Kamu Saat #dirumahaja

154
Foto: unsplash.com (Juja Han)

Soloevent.id – Di era digital ini, banyak konten kreatif bermunculan. Podcast adalah salah satunya. Dalam podcast biasanya berisi diskusi maupun kupasan mengenai topik-topik tertentu.

Dilansir dari sebuah situs, secara etimologis, podcast sebenarnya gabungan dari dua kata, yaitu “Ipod” dan “broadcast”. Istilah ini pertama muncul pada tahun 2004 dari seorang jurnalis dan kolumnis BBC dan The Guardian, Ben Hammersley. Awalnya, podcast digunakan sebagai media promosi untuk pengembangan device  keluaran Apple, iPod.

Sekarang, podcast menjadi salah satu alternatif selain mendengarkan musik.  Kamu bisa mengaksesnya lewat layanan streaming, seperti Spotify, Soundcloud, hingga YouTube. Para podcaster biasanya membicarakan mengenai film, album musik, cerita horor, atau topik lainnya. Durasi podcast beragam, rata-rata antara 45-60 menit. Durasi tersebut tidak dijeda lagu.

Itulah yang membedakan podcast dengan siaran radio. Meski sekarang siaran radio dapat diakses secara streaming, bedanya siaran radio memberikan jeda berupa lagu, iklan, ataupun materi lain saat membahas sesuatu. Siaran radio juga sering melakukan interaksi dengan pendengarnya. Kalau sebelumnya menggunakan telepon atau SMS, sekarang interaksi bisa dilakukan lewat sosial media.

Selama masa #dirumahaja ini, banyak orang yang membunuh waktu dengan mendengarkan podcast. Kali ini, Soloevent kepingin merekomendasikan lima podcast Indonesia yang bisa kamu dengarkan waktu #dirumahaja.

1. Do You See What I See

Kamu suka cerita-cerita horor? Nah, Do You See What I See (DYSWIS) ini cocok buat kamu. Podcast yang dibikin oleh Rizky Adhi Nugroho atau lebih dikenal dengan nama @mizter.popo ini berisi kumpulan kisah horor berdasarkan pengalaman nyata yang dituturkan para kontributornya.

Judul-judul yang bisa kamu temui di DYSWIS antara lain “The Green Lady”, “KKN Bali”, “Kamu Ditunggu!”. Cerita-cerita tersebut dituturkan secara singkat, tak sampai 35 menit.

Melansir dari detik.com, sejak diunggah perdana pada November 2018, Do You See What I See langsung menarik telinga para pendengar. Podcast tersebut selalu berada di lima besar dalam chart podcast Indonesia di Spotify. Menurut Rizky, Do You See What I See sudah didengarkan lebih dari 7 juta orang di Spotify.

2. Podkesmas

Podcast Kesehatan Masyarakat alias Podkesmas yang diisi oleh Imam Darto, Ananda Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok ini termasuk salah satu podcast yang juga sering menempati urutan pertama dalam charts podcast Spotify di Indonesia.

Melansir dari kompas.com, Imam Darto awalnya hanya ingin membuat konten podcast sendiri. Namun, semenjak bergabung dalam grup WhatsApp bersama tiga rekannya itu, akhirnya tercetus untuk membuat podcast bersama.

Ide membuat podcast muncul karena mereka berempat suka “bergosip” kalau sedang nongkrong bareng. Untuk konten yang disajikan, Imam Darto menyebut bahwa mereka hanya sekadar berkumpul hingga bercerita dan tentunya bisa menghibur. Tema-tema yang sudah mereka bahas antara lain ”Menikah, Akhir dari Petualangan?”, “Kata Siapa Selingkuh Enak? Salah! Enak Banget!”, “Kansas=Kami Anak Nakal Suatu Saat Akan Sadar”.

3. Rintik Sedu

Selain menjadi penulis, Nadhifa Allya Tsana kini mulai melebarkan sayap di dunia podcast. Podcast-nya tetap menggunakan nama pena, Rintik Sedu. Podcast Rintik Sedu ini sering bertengger di tiga besar podcast Indonesia di Spotify.

Di podcast Rintik Sedu, kamu diajak untuk mendengar cerita-cerita ringan dari Tsana. “Karena enggak semua orang pintar cerita, atau malas cerita, ata enggak punya teman cerita, atau bingung cerita ke mana,” tulis perempuan kelahiran 4 Mei 1998 itu di bio podcast-nya.

Di edisi perdananya yang diunggah pada 29 Mei 2019, ia menjelaskan podcast-nya ini ada banyak hal yang ingin diceritakan. Tsana menuturkan beragam kisah dengan bahasa ringan yang diselipi kalimat puitis. Cerita-cerita tersebut cocok untuk perenungan diri. Ini contohnya: “Karena perkara dilupakan dan melupakan itu perkara pilihan, bukan?” Saat ia bermonolog, ada musik latar lirih dan melankolis yang menguatkan suasana.



4. GeekinOut Indonesia

Kamu suka nonton film, baca komik, main game, atau hal-hal pop kultur lainnya? Podcast GeekinOut Indonesia ini bisa kamu jadikan referensi.

Saat tulisan ini diketik, ada 42 episode yang bisa kamu dengarkan. Saat membahas suatu tema, Awe dan kawan-kawan bakal memberikan info-info yang mungkin belum pernah kamu tahu seputar film, komik, atau lainnya.

Tema-tema yang pernah mereka bahas antara lain Marvel Cinematic Universe, Gundala, zombie apocalypse, Goku vs Saitama, dan banyak lagi. Durasi tiap episode beragam. Paling lama adalah 1 jam 46 menit.

5. Makna Talks

Diproduseri oleh Keenan Pearce dan Ernanda Putra yang merupakan pendiri dari Makna Creative, Makna Talks dipandu oleh Iyas Lawrence yang menghadirkan obrolan-obrolan seru, mendalam, dan bermakna. Sebagai host, Iyas dikenal dengan pertanyaan-pertanyaan yang out of the box.

Banyak publik figur yang pernah diundang Makna Talks, seperti Dian Sastrowardoyo, Sandiaga Uno, Slank, dan lainnya. Selain pembahasan mendalam, podcast ini cocok banget buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris karena Iyas kerap menanyai narasumbernya menggunakan bahasa Inggris yang easy listening banget.

Makna Talks bisa kamu dengerkan lewat Spotify atau Anchor.fm.