Podcast, Primadona Baru Buat Menyimak Obrolan Seru

58
Foto: unsplash.com (Gery Wibowo)

Soloevent.id – Pernahkah kamu mendengarkan podcast? Podcast masih terbilang baru di Indonesia, tetapi telah lama dikenal di dunia. Di Tanah Air, podcast mulai marak sekitar dua tahun belakangan ini.

Podcast sebenarnya sudah ada sejak 2004. Podcast berasal dari dua kata, yakni “pod” (playable on demand/dimainkan atas permintaan) dan “cast” (kependekan dari broadcasting atau penyiaran). Ada banyak tema yang bisa dibahas di podcast, misalnya musik, komedi, film, politik, bisnis, serta kesehatan.

Podcast dulunya hanya bisa diakses melalui perangkat iPhone milik Apple. Namun, kini, pengguna Android bisa mendengarkannya pula. Tak hanya iTunes, Spotify pun menyediakan layanan streaming podcast dari berbagai negara dengan beragam topik.

Mungkin kamu mengira podcast itu sama dengan radio, ya? Ternyata beda, lo. Mau tahu beda podcast dengan radioSimak tulisan ini sampai tuntas.

Podcast adalah rekaman audio streaming (bisa juga non-streaming dengan cara diunduh terlebih dulu) yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai. Ini berbeda dengan radio yang kebanyakan kontennya merupakan siaran langsung. Yang membedakan dari siaran radio yaitu podcast biasanya tidak ada atau jarang terdapat iklan, tidak ada selingan lagu yang berkepanjangan, dan bisa bebas memilih topik tanpa mengikuti jadwal siaran.



Terus, apa saja, sih, kelebihan podcast, dibanding radio atau media audio lainnya?

Ada banyak pilihan podcast yang bisa kamu dengar. Suka kisah-kisah horor, suka sepak bola, atau cerita-cerita asmara? Kamu bisa memilih sesuai ketertarikanmu. Di Indonesia, cerita-cerita mistis bisa kamu dengarkan di akun Do You See What I See, cerita asmara ada di Rintik Sedu atau Teman TIdur, lalu obrolan lainnya bisa kamu simak di Podkesmas, Rapot, atau Makna Talks.

Di podcast, kamu bisa mendengarkan tanpa jeda iklan. Enggak seperti radio yang tiap sepuluh menit ada iklan atau selingan lagu. Kamu pun bisa memilih episode yang mempunyai materi sesuai seleramu. Kalau kamu pengguna premium, misalnya Spotify, kamu bisa mengunduh podcast kesukaanmu kemudian bisa didengarkan secara offline.

Lalu, bagaimana dengan tren pengguna podcast di Indonesia? Dikutip dari berbagai sumber, ada 67,97% yang mengaku familiar dengan podcast. Dari jumlah itu, 80,82% mendengarkan podcast dalam enam bulan terakhir. Namun, bukan berarti mereka adalah pendengar i secara intens. Separuh dari responden mengakui belum yakin untuk mendengarkan podcast secara reguler. Mayoritas hanya mendengarkan podcast selama 10 hingga 20 menit saja.