5 Kelompok Berpentas di Panggung Pre-event SIPA 2018

0
343

Soloevent.id – Awal September 2018 mendatang, Solo International Performing Arts (SIPA) bakalan digelar lagi.  Berbagai seniman dari dalam maupun luar negeri akan tampil di panggung SIPA 2018.

Nah, untuk menyambut event akbar tersebut, panitia mengadakan pre-event SIPA 2018 di Atrium Solo Grand Mall, Sabtu (11/8/2018). Pre-event ini mengusung tema “Semangat SIPA dalam Keindahan Tari dan Busana”. Semangat dari tema tersebut diwujudkan dalam beragam bentuk sajian pentas tari dan peragaan busana.

Di pre-event perdana ini ada 5 kelompok asal Kota Solo yang tampil, yaitu Sanggar Tari Citra Jebres, Kids Model Community Solo, Akademi Seni Mangkunegaran, Polah Crew, dan Semarak Candra Kirana.

Sanggar Tari Citra Jebres (Surakarta) menampilkan Tari Luyung. Tari Luyung adalah tarian kreasi baru yang berasal dari kata “luyung” yakni sebuah akronim dari kata “lurik” dan “payung”. Dua benda itu dikenakan penari sebagai properti.

Kids Model Community Solo dari Sanggar AW Surakarta menampilkan peragaan busana anak-anak. Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta menampilkan tari “Tirta Wening” yang menggambarkan berbagai mata air di bumi ini sebagai sumber kehidupan makhluk hidup.



Penampil lain, Polah Crew, menyajikan pertunjukan tari modern yang diberi nuansa etnik dan tradisi. Sedangkan Sanggar Semarak Candra Kirana menampilkan Tari Retno Prawiro. Tarian ini menggambarkan sosok prajurit putri yang sedang berlatih olah kanuragan menggunakan properti pedang. Semangat membela negara dituangkan dalam gerak-gerak yang lincah, terampil, dan tegas.

Solo International Performing Arts bakal digelar 6-8 September 2018 di Benteng Vastenburg. Karena merayakan edisi spesialnya, SIPA 2018 juga akan mengadakan konser musik pada 5 September di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Bekerjasama dengan Komunitas Musik FISIP, event ini akan mendatangkan Danilla Riyadi sebagai bintang tamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here