Beranda Bisnis Bedah Novel Kancing Yang Terlepas

Bedah Novel Kancing Yang Terlepas

948

Bedah Novel karya Handry TM berjudul Kancing Yang Terlepas selesai digelar rabu malam (16/4) bertempat di Balai Soedjatmoko Gramedia Solo. Gunoto Saparie, pria asal Kendal jawa Tengah hadir sebagai pembedah novel yang juga baru terbit tahun 2014 ini. Novel Kancing yang Terlepas sebelumnya pernah dimuat di koran Harian Semarang dalam bentuk cerbung. Dimulai pukul 19.30, acara ini diikuti oleh puluhan pengunjung yang datang.

Beberapa diantara pengunjung adalah mahasiswa fakultas sastra universitas sebelas maret. Salah satunya adalah Dita, yang mengaku mengikuti acara bedah buku ini karena ingin mengangkat novel sebagai bahan skripsinya. “tertarik banget dengan novel ini, ini juga bakal saya angkat di dalam bagian skripsi saya nanti,” akunya.

Novel ini bercerita tentang sosok Giok Hong, penyanyi terkenal dari Orkes Tjahaja Tmoer yang menaruh hati kepada wanita bernama Tek Siang. Namun dalam perjalanannya terjadi bencana besar yang melanda permukimannya. Dan kejadian yang terjadi pada masa orde lama itu memaksa keduanya terpisah untuk sekian waktu. Giok Hong lantas tidak putus asa karena Ia berusaha menjelma menjadi Boenga Lily. Namun lagi lagi usahanya terpaksa kandas. Sang pengarang, Handry TM mencoba menggambarkan secuil kisah kehidupan masyarakat Tionghoa kala itu. Kisah tentang perempuan, politik, dan kekuasaan. Masih tentang Indonesia meski dari sisi pandang yang berbeda.