Beranda Seni dan Budaya Solo Batik Fashion 6 Hadirkan Karya Unik Desainer

Solo Batik Fashion 6 Hadirkan Karya Unik Desainer

999

Menginjak tahun ke-6 penyelenggaraan, Solo Batik Fashion (SBF 6) menyediakan ruang bagi para desainer baik yang independen maupun dari beberapa rumah mode, untuk mempertunjukkan hasil ciptanya. Tidak hanya perancang busana dengan nama besar yang turut serta dalam event tahunan ini, beberapa desainer muda yang baru pertama menjajal panggung SBF pun layak mendapatkan perhatian.

Sebanyak 36 desainer dari dalam maupun luar Kota Solo akan bergabung dalam perhelatan yang akan digelar di Benteng Vastenburg pada Jumat-Minggu (5-7/9/2014). Dengan tema acara 24 Hours Style, mereka akan menyajikan beragam kreasi batik yang dapat digunakan dalam keseharian, baik formal maupun non formal, tentunya dengan segala keunikannya.

Joko SSP misalnya. Desainer Solo yang telah malang-melintang di jagad mode ini akan menampilkan karya dengan tajuk Majesty of Love. “Karya ini terinsipirasi dari momen-momen cinta pada saat remaja hingga waktu pernikahan,” jelasnya saat jumpa pers Solo Batik Fashion  6 di Narendra Restaurant The Sunan Hotel Solo, Rabu (3/9/2014).

Delapan karyanya berupa kebaya, merupakan hasil eksplorasi dari batik sutra dan batik katun tulis yang dipadukan bersama renda-renda dengan pewarnaan yang elegan. Salah satunya merujuk saat seseorang mengalami cinta pertama, Joko  visualkan dalam kebaya lengan pendek yang dipadu dengan bawahan rok mini selutut. Dari segi detail, ia menampilkan batik sutra motif Kawung rupa warna, dikombinasikan dengan motif siluet Sekar Jagad.

Salah seorang desainer muda, Andreas Haris, mengambil konsep unik yakni Party Glow. “Jadi kebaya ini ready to wear bagi yang suka dugem,” bebernya. Gemerlapnya lantai dansa ia transformasikan ke dalam kutu baru yang dimodifikasi dengan bahan tile. Untuk bawahan, ia menggunakan celana dan rok sepan dengan yang bermotif batik Parang dan Ceplok. Untuk pria, ia menyediakan model basofi dan vest yang berbahan batik tulis.

Selain menampilkan karya cipta para desainer yang akan diperagakan oleh model-model profesional dari Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta; pergelaran Solo Batik Fashion 6 juga bakal dimeriahkan oleh penampilan tiga bintang tamu yaitu Vanya Shinta, Utara Band, dan Karina Pramana.

Dan pada Minggu pukul 12.00 WIB, penyelenggara SBF akan mengadakan Seminar Rancang Busana bertemakan Kebayaku. Hadir sebagai pembicara yakni Ayok Dwipancara dan Sruti Respati. Acara tersebut berlangsung di Bale Tawangarum Balaikota Solo.