Solo Batik Fashion 2021, Kemewahan Batik Untuk Dunia.

262

Soloevent – Solo Batik Fashion (SBF) kembali digelar yang ke-13. Dalam perjalanannya kali ini, Solo Batik Fashion mengambil tema “Luxury For The World” atau kemewahan batik yang dipersembahkan kepada dunia. Acara SBF 13 digelar selama 4 hari mulai 5-8 Desember 2021 di Atrium Solo Paragon Lifstyle Mall.

Acara diawali dengan Pameran Luxury Batik Indonesia dan Lomba Pemilihan Putra-Putri Batik Solo Batik Fashion. Lalu, penampilan Tari Gambyong Pareanom dengan jumlah 13 penari dari ISI Surakarta. Lalu, ada pameran kain Solo Batik Fashion 13 dengan nama motif Cinta SBF 13.

Dalam acara tersebut menampilkan Live-Time Achievement Go Tik Swan Sang Panembahan Hardjonagoro dengan 10 kain eksklusif. Dilanjutkan fashion show sang Maestro Keroncong Indonesia dengan Batik Walangkekek oleh Ibu Waldjinah sebanyak 8 baju.

Pagelaran SBF 13 kali ini jumlah desainer yang akan tampil 55 desainer asal Solo dan kota lain. Desainer yang tampil dari Solo adalah Owens Joe, Djongko Raharjo, Rorry Wardana, Joko SSP, Uzi Fauziah, Tuty Adib, Robin Karebet, Ucok M Sirait, Astuti Kharisma, Bella Quarta, Thea Ajeng, Sidiq Abdulah, Budi Hans Agency, Den Raharjo, Cece Ankly & Marvyo.

Desainer dari Jogjakarta ada Sugeng Waskito, Vitalia Pamoengkas, Zam Warir, Tari Made by Sakamade Boutique, Dadang Koesdarto, Brahm Italia, Ani Seto, Juve, Anis, Dariel Gunawan, nDalem AW. Sedangkan desainer dari Jawa Timur ada Likur Atelier, Zriel Clothing dan Meiti Hanna. Desainer Ratu Geisha dari Sulawesi Tengah, Identix Batik dari Semarang.

Selain Fashion Show, SBF 13 juga ada Stand Pameran. Total ada 13 stand Luxury Wastra Batik Solo dan 1 stand Galery Batik. Pesertanya adalah pengusaha batik berkualitas dan memiliki prestasi batik terbaik. Diantaranya, Mutiara Batik, Batik Dewi Arum, Adibusana Batik, Dwi Hadi Solo, Adibusana Sukoharjo, Rizkya Batik Jakarta, Batik Kembar Masaran, Suci Alya Sragen, Galery Batik Owens Joe dan lainnya.

Sedangkan untuk show sore diisi oleh UKM Solo, dimana perhari 5 UKM tampil. Untuk show malam diisi oleh IKAPERSATA, APPMI JATENG,  APPMI JATIM, APPMI JOGJA dan derah lainnya. Ada juga show anak-anak di hari terakhir Solo Batik Fashion.

Solo Batik Fashion 13 merupakan acara fashion batik terbesar di Indonesia, yang mengangkat batik tulis sebagai materi utama dalam pembuatan kain busana fashion. Solo sebagai sentral budaya dan tradisi di Indonesia memiliki kekuatan sejarah yang tinggi terhadap pengembangan dan pelestarian batik sebagai peninggalan adiluhung bangsa.