Beranda Headline Sempat Vakum, Pemilihan Putra-Putri Solo 2021 Kembali Digelar

Sempat Vakum, Pemilihan Putra-Putri Solo 2021 Kembali Digelar

642

Soloevent.id – Setelah vakum pada tahun 2020 akibat pandemi covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan mengadakan kembali gelaran Pemilihan Putra-Putri Solo (PPS) 2021. Event Goers, proses pendaftaran ajang ini sudah berlangsung sejak 8 hingga 31 Oktober lalu di Kantor Dinas Pariwisata, Kompleks Balaikota Surakarta.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuning Raka mengatakan jika ajang pemilihan PPS dapat diselenggarakan tahun ini karena telah mendapatkan izin dari pemerintah pusat. Dia juga mengungkapkan selama ini banyak sekali event tahunan Pemerintah Kota Surakarta yang harus ditiadakan dan diundur akibat pandemi covid-19.

Sementara itu Kasi Kerja Sama dan Fasilitasi Pariwisata Dispar Kota Surakarta, Gembong Hadi Wibowo menyebutkan semua peserta ajang PPS 2021 harus memiliki kemampuan public relations dan hubungan masyarakat yang baik.

Selain itu Event Goers, dia juga menegaskan bahwa seleksi yang digelar pada tahun ini tidak hanya mengutamakan keterampilan public speaking saja. Kecakapan lain misalnya mempromosikan kota Solo, baik secara langsung atau melalui media sosial juga jadi dasar penilaian.

Tahapan Tes dan Ujian

Selanjutnya Gembong mengungkapkan, dalam tahapan pertama dalam proses seleksi setiap peserta akan mendapat ujian pengetahuan umum yang dilakukan secara tertulis. Sehubungan dengan hal ini panitia telah menyiapkan dua skenario sekaligus, langsung dan daring.

Melalui tahapan ini Event Goers, akan disaring 40 peserta PPS yang kemudian masuk tahap semifinalis dengan waktu pelaksanaan bulan November. Setelah itu ada tes tertulis dan tes public relations.

Kemudian pada ujian berikutnya terdapat tes minat dan bakat yang disusul dengan tes wawancara. Uji kemampuan ini juga dilaksanakan melalui dua skenario, langsung dan online. Gembong mengakui, semua rencana ujian ini masih dalam tahap pematangan.

Secara lebih lengkap Gembong menjelaskan pula, semua peserta pemilihan PPS 2021 memiliki jadwal tes yang berbeda-beda dengan tujuan untuk menghindari kerumunan. Sebagian peserta ada yang memperoleh jadwal pagi hari, sementara sebagian lainnya harus datang siang atau sore hari.

Selain itu karena harus menerapkan protokol kesehatan, maka pelaksanaan PPS tahun ini sangat berbeda dengan tahun 2019. Khususnya terkait dengan masa pendaftaran yang waktunya lebih singkat.

Kemudian untuk tes wawancara Event Goers, setiap peserta harus menghadapi beberapa juri sekaligus. Bahkan pelaksanaannya juga bersamaan dengan tes minat dan bakat, baik secara langsung maupun daring.

Malam Grand Final

Dari tes tahap semifinalis yang terdiri dari 40 peserta tersebut, panitia akan memilih 20 finalis. Mereka inilah yang nantinya punya kesempatan tampil dalam Grand Final PPS 2021 yang digelar secara hybrid, yaitu langsung dan daring.

Untuk pembekalannya sendiri, dimulai pada 4 hingga 19 November. Kemudian pada hari Sabtu 13 November 2021 malam, menjadi malam grand final. Melalui acara inilah Event Goers, akan dipilih pasangan Putra-Putri Solo baru dan menjadi pengganti Putra-Putri Solo 2019 yang sudah memasuki masa purna tugas.