YouTuber Hansol Bikin Heboh Pembukaan SIPA 2019

220

Soloevent.id – Solo International Performing Arts (SIPA) 2019 resmi dimulai. Pembukaan dilakukan Kamis (5/9/2019) malam di Benteng Vastenburg. Selama tiga hari, penonton bakal dihibur berbagai macam pertunjukan yang ditampilkan seniman-seniman nasional dan internasional.

Selain Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dan Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, pembukaan SIPA 2019 juga terasa spesial karena dihadiri juga oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia H. E. Mr. Kim Chang Beom.

Saat akan melakukan seremoni pembukaan, penonton sempat dibikin heboh oleh kemunculan YouTuber Hansol di atas panggung. Mengenakan kaos biru dan celana panjang, fans yang sedari tadi menunggunya semakin dibikin histeris saat ia melambaikan tangan ke arah mereka. YouTuber asal Korea Selatan yang jago bahasa Jawa itu turut membuka gelaran SIPA 2019. Hansol bersama para pejabat kemudian membunyikan alat-alat musik tradisional sebagai tanda dimulainya SIPA 2019.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Suatu kehormatan SIPA kali ini bisa kedatangan tamu dari Kedutaan Besar Korea Selatan,” ungkap Irawati Kusumorasri Direktur SIPA.

Acara kemudian dilanjutkan oleh penampilan pembuka dari maskot SIPA 2019 Elizabeth Sudira yang berkolaborasi dengan Semarak Candra Kirana. Perempuan yang kerap disapa Eliz itu menyanyikan lagu barunya, “Sukaria”, yang didedikasikan buat SIPA. Putri Solo II tahun 2010 itu juga membawakan single perdananya yang booming, “Rindu Solo”. Saat menyanyikannya, Eliz tampil di atas tandu berkelambu.

Ada enam delegasi yang tampil di hari pertama yaitu Solo; Korea Selatan; Kampar, Riau; Palangka Raya, Kalimantan Tengah; Taiwan; dan Jakarta.



Tahun ini, SIPA mengusung tema “Arts as a Social Action”. Tema tersebut bermakna bahwa seni bukan hanya menjadi hiburan, melainkan juga¬† beradaptasi pada isu sosial masyarakat.

Selain menyuguhkan pementasan, SIPA 2019 juga menyediakan bazar kuliner. Buat yang suka budaya Korea Selatan, bisa juga mampir ke booth Korean Cultural Center Indonesia. Di booth itu, kamu bisa berfoto sambil mengenakan Hanbook, belajar aksara Hanguel, bermainan permainan tradisional, dan mencicipi Korean food.

SIPA 2019 digelar hingga Sabtu (7/9/2019) di Benteng Vastenburg.