UNSA Kukuhkan Rektor Baru Periode 2023-2027, Astrid Widayani : Nunggak Semi

151

Soloevent.id – Universitas Surakarta (UNSA) mengukuhkan rektor baru Astrid Widayani di The Sunan Hotel Solo, Kamis (16/3/2023). Dalam acara ini turut hadir Ketua BPC Hipmi Solo Respati Ardi, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta Margono, Ketua Aptisi Surakarta Singgih Purnomo dan beberapa tokoh-tokoh di Soloraya.

Dalam sambutannya Astrid menyampaikan ingin kedepannya UNSA bisa menjadi universitas berbasis kewirausahaan unggulan dengan capaian budaya kerja baru yang kreatif. “Dalam hal ini ada beberapa pilar utama yang di usung yaitu Education, Tourism, Entrepreneurial Mindset, Digitalization, youth and Culture,” ujarnya di Meeting Room The Sunan Hotel Solo.

Astrid juga menambahkan, “Dengan mengusung filosofi Jawa nunggak semi atau dalam konsepsi kebudayaan Jawa adalah proses lahir dan berkembangnya kebudayaan tanpa meninggalkan akar kebudayaan itu sendiri. Bekas batang pohon yang ditebang akan muncul tunas baru yang disebut dengan istilah semi. Harapannya tunas-tunas tersebut semakin tumbuh dan berkembang di atas pijakan akar yang kuat. Semangat dan dedikasi yang kuat oleh pendahulu akan menjadi panutan bagi generasi berikutnya,” ujarnya.

Selain Nunggak Semi ada filosofi Mikul Dhuwur Mendem Jero yang juga disampaikan Astrid. Ini bermakna jasa seorang pemimpin atau orang tua harus dijunjung tinggi sedangkan kesalahannya harus ditutupi.

UNSA juga telah berproses menjadi institusi pendidikan tinggi yang turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa selama 24 tahun terakhir. Tahun ini menjadi tonggak awal pengembangan UNSA dengan semangat serempat abad. UNSA telah berganti rektor empat kali dan Astrid dikukuhkan menjadi Rektor kelima. Pengukuhan terasa istimewa dikarenakan berlangsung menjelang Dies Natalis ke-25 UNSA.

Selain pengukuhan rektor UNSA juga digelar diskusi ilmiah “Kebijakan Lintas Sektoral Solo-Karanganyar” yang menghadirkan Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa dan Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto. Diskusi ini membahas tentang kolaborasi Perkembangan Ekonomi Kreatif & UMKM di Surakarta serta Desa Kampung Wisata dan Pariwisata Kabupaten Karanganyar.