Tren Event Game Online Masa Pandemi Semakin Tumbuh

113

Soloevent.id – Sepanjang tahun ini bermain game menjadi salah satu hiburan dan cara untuk mengurangi kegiatan di luar rumah alias physical distancing. Hal yang sama juga berlaku di industri e-sports yang saling terikat dengan industri game. Tahun 2020 industri tersebut semakin tumbuh, bahkan disaat harus beradaptasi dengan pandemi yang memaksa semua harus dilakukan atau disaksikan secara virtual.

Event turnamen e-sports ini diselenggarakan tidak hanya oleh pembuat game atau organisasi e-sports, tetapi juga operator seluler atau telekomunikasi dan produsen smartphone atau laptop dan PC gaming. Keseruan penggemar beralih ke virtual, karena di sepanjang tahun 2020 semua event turnamen e-sports disaksikan live streaming.

Industri e-sports mempunyai panggung tersendiri karena semakin banyak waktu luang tersedia dan menyaksikan setiap turnamen bisa secara online dari manapun. Sejumlah institusi akhirnya menyadari ini jadi kesempatan e-sports untuk tumbuh lebih pesat dan kuat.

Organisasi e-sports di Indonesia bukan lagi hanya IESPA. Di tahun 2020 diresmikan organisasi bernama Pengurus Besar (PB) E-sports Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan sebagai Ketua Umum PB E-sports Indonesia Periode 2020-2024.

“Selain aspek pernainan, e-sports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda dalam berpikir strategis, cerdas dan kreatif serta motivasi dan kerjasama tim, kelincahan dan ketahan fisik,” ujar Budi Gunawan.