TOKOH-TOKOH YANG DIJADIKAN NAMA JALAN INI PUNYA RIWAYAT DI KOTA SOLO


Di Indonesia banyak dijumpai nama-nama jalan yang diambil dari nama pahlawan atau tokoh. Tahukah kamu, riwayat beberapa pahlawan dan tokoh itu ada di Kota Solo. Siapa saja mereka? Baca sampai tuntas tulisan ini.


 

  1. Jl K.H. Samanhudi

Jl K.H. Samanhudi terbentang ke barat sepanjang daerah Mangkuyudan hingga utara pertigaan rel di Sondakan yang berdekatan dengan kampung Mutihan dan Griyan. Samanhudi adalah pahlawan yang dikenal sebagai saudagar batik dan mendirikan Sarekat Islam dan kemudian menjadi SDI (Sarekat Dagang Islam). Ia menjadi orang Solo yang pertama kali naik haji.


 

  1. Arifin

Jalannya tak begitu panjang memang. Jl. Arifin berada di samping Radio PTPN  sampai di depan Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan (utara Balai Kota Solo). Arifin adalah seorang remaja pemberani pada masa kemerdekaan. Ia melempar granat ke sebuah tank Belanda yang melinas di jalan Kota Solo.


 

  1. Jl. Slamet Riyadi

Semua wong Solo pasti pernah melintas di jalan ini. Terletak dari kawasan Gladag sampai Gapura Karaton Kleco, Jl. Slamet Riyadi menjadi jalan utama di Kota Solo. Slamet Riyadi adalah pejuang dari Solo di masa perang kemerdekaan.  Sosoknya diabadikan dalam patung di perempatan Gladag.


 

  1. Jl Pakubuwono

Jl. Pakubuwono berada di antara ringin alun-alun utara menuju Gladag. Pakubuwono adalah gelar bagi raja yang bertahta di Keraton Kasunanan Surakarta. Jauh berada di gerbang depan keraton, jalan ini dibangun sebagai jalan masuk menuju keraton.


 

  1. R.M. Said

Jl. R.M. Said membentang dari utara Mangkunegaran ke barat menuju Taman Balekambang. R.M. Said adalah Mangkunegara I yang juga dijuluki Pangeran Samber Nyowo.  Balekambang sendiri adalah taman kota yang dibuat Mangkunegara VI untuk putrinya, Partini.


 

  1. Ronggowarsito

Namanya kondang sebagai pujangga Keraton Surakarta. Jalan ini terbentang lurus dari selatan gedung baru Bank Indonesia hingga perempatan Tiga Serangkai.


 

  1. Prof. Dr. Soeharso

Berada dari perempatan Faroka menuju utara sampai perempatan Perumahan Fajar Indah. Dr. Soeharso adalah dokter yang berjuang dan berhasil dalam bidang ortopedi.


 

  1. Jl. Jaka Tingkir

Jalan ini terletak di perbatasan Makamhaji Katasura dan Kelurahan Pajang, atau selatan Tugu Lilin Pajang. Jaka Tinggkir atau Danang Sutawijaya adalah raja Keraton Pajang yang dianggap membelot dari Demak.


Terkait

TUJUH EVENT INI MERIAHKAN BULAN AGUSTUS DI KOTA SOLO   Soloevent.id - Agustus terkenal sebagai bulan kemerdekaan bangsa Indonesia. Nah, untuk merayakannya, Pemkot Solo telah menyiapkan dua agen...
LIBUR LEBARAN KE SOLO! BULAN JUNI ADA BANYAK EVENT MENARIK Soloevent.id - Di akhir semester pertama tahun 2017 ini, tujuh event bakal memeriahkan Kota Solo. Acara-acara tersebut mayoritas bertemakan budaya...
750 PESERTA IKUTI PAWAI PEMBANGUNAN 2017 DI KOTA SOLO Soloevent.id - Perayaan HUT ke-72 Indonesia di Kota Solo bakal dimeriahkan dengan Kirab Pawai Pembangunan 2017. Acara yang digelar pada Jumat (18/...