Tak Sekadar Bazar, Pop Festival Juga Tawarkan Kesenangan

121

Soloevent.id – Komunitas penggiat start up Kota Solo menggelar Project of Pleasures (POP) Festival  di Atrium dan Central Park The Park Mall Solo Baru, Jumat-Minggu (14-16/6/2019). Event yang pertama kali diadakan ini mempertemukan pelaku industri kreatif dari Solo maupun luar kota, seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang.

Mengangkat tema “The Mother Land”, sekitar 21 stan yang berpartisipasi di acara ini kebanyakan menawarkan produk-produk lokal, mulai dari fesyen, pernak-pernik, hingga minuman.

Project Manager POP Festival Fransicus Danu menjelaskan ditampilkannya produk-produk karya anak bangsa bertujuan untuk meningkatkan kearifan lokal. Kualitas juga menjadi poin penting, makanya tenant-tenant yang berpartisipasi harus memiliki unsur menarik, eksperimental, dan edukatif.

“Jadi enggak sekedar jualan produk, terus nanti kalau enggak laku dijual murah. Tetap harus ada unsur edukatif dan eksperimentalnya ,” tuturnya saat ditemui Soloevent, Jumat siang.



Kata Danu, yang membedakan POP Festival dengan pameran lainnya adalah para tenant enggak sekedar berjualan saja, tapi juga melakukan branding dan edukasi kepada konsumennya. POP Festival juga memberikan pengalaman berbelanja kepada pengunjung. Nantinya, pengunjung yang kepingin membeli sesuatu akan dilayani langsung oleh pemilik tenant.

Enggak cuma bisa beli produk-produk lokal, POP Festival juga dikonsep agar pengunjung bisa mendapatkan kesenangan atau pleasure. Kegembiraan yang diberikan berupa disediakannya permainan tenis meja dan PlayStation yang dapat dimainkan secara gratis. Bahkan ada hadiah menarik untuk juara tiga besar berupa jaket untuk juara I, kaos bagi juara II, dan backpack untuk juara III.

POP Festival juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan, seperti workshop dari tokoh-tokoh penggiat industri kreatif, talkshow, coaching session, dan music festival .

Untuk pertunjukan musiknya, penyelenggara bakal menghadirkan Grrrl gang, Winona Dryver, Good Gestalt, Semadya, Son and the Little Flower, dan Pamungkas.“Music festival digelar di Central Park dan akan menghadirkan musisi-musisi yang sedang digandrungi anak-anak muda saat ini, di antaranya ada Grrrl Gang dan Pamungkas. Pengunjung bisa menikmatinya secara gratis,” jelas Danu.