Tak Ada Kembang Api, Gong pun Jadi

0
301

CAR-FREE-NIGHT-SOLO-001


Soloevent.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Solo bakal mengadakan car free night untuk menyambut tahun baru 2018 pada 31 Desember 2017. Acara tersebut dilangsungkan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi (Purwosari hingga Gladak) mulai pukul 21.00 WIB.


Yang unik, sebagai tanda pergantian tahun, Pemkot tidak akan menggelar pesta kembang api, melainkan pemukulan gong. Ada 75 gong yang bakal ditabuh oleh jajaran Pemkot Solo bersama Muspida Solo dan tokoh masyarakat. “Para pemukul gong akan mengenakan busana adat Jawa,” kata Kepala Dinas Pariwisata Solo, Basuki Anggoro Hexa.


Detik-detik menjelang 2018, para pemuka agama bakalan memanjatkan doa bersama di kawasan Ngarsopuro.


Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menjelaskan gong dipilih sebagai upaya untuk melestarikan alat musik tradisional dan budaya, sekaligus memantapkan bahwa Solo adalah kota budaya. Rudy bahkan melarang warga menyalakan kembang api maupun petasan karena itu dianggap menghambur-hamburkan uang. “Ini juga cara menjaga Solo biar kondusif dana man,” ujarnya.


Tak hanya pemukulan gong, di beberapa titik car free night sepanjang Jl. Slamet Riyadi juga didirikan panggung seni yang bakal menampilkan hiburan seperti tari dan musik. Panggung-panggung itu akan ditempatkan di depan Diamond Restaurant, Solo Grand Mall, Plaza Sriwedari, perempatan Ngarsopuro, dan Gladak.


Kalau kamu ingin berkunjung ke car free night Solo, tetap jaga kebersihan dan selalu berhati-hati, ya!


 

Penulis: Reza Kurnia Darmawan

Foto: dokumentasi Soloevent

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here