Sodoc Putar Serentak Film Dokumenter di 11 Kota

0
172

Soloevent.id – Solo Documentary (Sodoc) Film Festival bakal menggelar acara Nonton Bareng Film Dokumenter yang diselenggarakan serentak di 11 kota, yaitu Jakarta, Bekasi, Solo, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Jepara, Kediri, Tulungagung, dan Kota Batu.

Event yang digelar Sabtu (22/9/2018) ini bakalan menayangkan total 10 film dokumenter yang menjadi nominasi Sodoc Film Festival 2016, lalu film Satu Aliran Dua Jurus karya Tonny Trimarsanto, dan Akar yang disutradarai Amelia Habsari.

Kota Solo kebagian jatah putar Satu Aliran Dua Jurus, yang mengisahkan dua kampung di tepi anak sungai Bengawan Solo. Yang kedua adalah Behind Pollution of Batik City River, menceritakan tentang pencarian sumber pencemaran sungai di Kota Pekalongan yang diduga dilakukan produsen batik.

Kedua film itu bakal diputar di Studio Kopi Ndaleme Eyang, Jl. Padjajaran Timur I No. 10, Sumber. Acara dimulai pukul 19.00 WIB, dibuka untuk umum dan gratis. Acara ini diharapkan meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap lingkungan dan realitas sekitar.



Nonton Bareng Film Dokumenter di 11 kota menjadi salah satu acara dalam rangka menuju malam puncak penganugerahan Sodoc Film Festival, 18-20 Oktober 2018, di Taman Balekambang.

Selain penganugerahan, ccara puncak Sodoc Film Festival 2018 akan menggelar diskusi, pemutaran film nominasi, dan kelas komunitas. Sebelumnya, sudah dibuka kompetisi untuk para pencinta film dokumenter.

Film-film dokumenter yang dikompetisikan itu bakal dinilai oleh dewan juri Tomy Taslim, Steve Pillar Setiabudi, Jason Iskandar (kategori Pelajar); Tunggul Banjaransari, Tito Imanda, Ismail Fami Lubis (kategori Mahasiswa); Adrian Jonathan Pasaribu, Heni Matalalang, Esa Hari Akbar (kategori Umum). Sedangkan kurator untuk Solo Documentary Film Festival 2018 adalah Tonny Trimarsanto.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here