SMART IT FEST: AJANG PAMER KARYA DAN KAMPANYE ANTI-HOAX

0
51

SMART-IT-FEST-01

 

Soloevent.id – Himpunan Mahasiswa D3 Informatika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar SMART IT Fest selama tiga hari, 15-17 September 2017. Bertempat di Atrium Hartono Mall Solo, event ini dimulai sejak pukul 10 pagi hingga tutupnya mal.

 

“Selain bisa menjalin kerjasama dengan pihak luar, kami ingin memperkenalkan Prodi [Program Studi] dan menarik minat masyarakat di bidang IT,” jelas Ketua Panita SMART IT Fest, Alif Bintoro, Jumat (15/9/2017).

 

SMART-IT-FEST-03

 

Di tahun ketiga ini ada tiga kegiatan utama yang dilaksanakan, yaitu expo, seminar, dan lomba IT. Expo adalah pameran tugas akhir kakak tingkat yang akan lulus. Ada 140-an karya yang dipamerkan.

 

Expo ada beberapa kategori, di antaranya game, sistem informasi, mobile dan multimedia. Ini adalah hasil tugas akhir kakak tingkat yang mau lulus di mana mereka wajib memamerkan karyanya,” ujar Alif. Tak hanya dipajang, pengunjung juga bisa bertanya kepada pembuatnya tentang cara pembuatan dan pengoperasiannya.

 

SMART-IT-FEST-04

 

Pada SMART IT Fest kali ini juga mengadakan seminar gratis mengenai isu yang tengah marak di masyarakat, yakni internet hoax. Tampil sebagai pembicara adalah perwakilan Komunitas Anti Hoax, Guntur Wahyu Nugroho.

 

Dia menjelaskan ada empat hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran berita bohong alias hoax. “Cara paling mudah dengan 4C: Cermat, Cek, Cepat, Cari,” ungkap Guntur.

 

SMART-IT-FEST-05

 

Selain seminar mengenai hoax, ada juga seminar dengan tema android, IoT dan security yang tidak dipungut biaya.

 

Teks: Yasinta Rahmawati

Foto: Reza Kurnia Darmawan & Yasinta Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here