Setup Makaroni Menu Bersejarah Yang Dilestarikan Hingga Sekarang

4927

setup-makaroni

Setup makaroni konon adalah menu tinggalan dari orang Belanda yang pernah menjajah lama di Indonesia. Sampai hari ini menu setup makaroni masih disukai dan masih ada tersedia di beberapa tempat makan, dan bisa dipesan di jasa katering.

Salah satu ciri bahwa menu ini adalah peninggalan para noni dan meneer adalah keju parut pada topingnya. Tapi ketika setup makaroni sudah dimasak oleh orang jawa, maka keju itu sebagian dihilangkan. Karena lidah jawa terutama bagi orang tua kebanyakan tidak suka keju.

Cara memasak setup makaroni sungguh mudah dan cepat: Makaroni direbus sebentar lalu tiriskan. Kemudian kita iris tipis bawang bombay lalu tumis dengan margarine, penggunaan margarine juga merupakan kebiasaan noni dan meneer jaman dulu. Setelah tercium harum dari bawang bombaynya kita masukkan bumbu halusnya yang terdiri dari bawang, merica, pala, dan bumbu kaldu ayam/sapi. Pala adalah bumbu rempah penting dari setup makaroni.

Masukkan air kaldu rebusan daging lalu tambahkan juga irisan bawang merah dalam bumbu yang sudah digongso. Setelah semua tercampur daging sapi atau ayam yang telah direbus dan diiris dimasukkan. Baru kemudian ditambahkan santan dan sedikit susu segar, yang terakhir tambahkan telur yang telah dikocok.

Setelah mendidih tambahkan garam dan sedikit gula. Bila suka bisa ditambahkan daun bawang juga kacang polong atau asparagus. Setup Makaroni lebih nikmat disantap selagi masih hangat. Bila suka tambahkan keju parut. Biasanya disantap bersama saus tomat, atau ada juga yang menikmatinya dengan cabe rawit.

Setup Makaroni memang befungsi untuk menghangatkan badan dan meningkatkan stamina, apalagi bila kita mengganti telurnya dengan telur ayam kampung. Setup Makaroni ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka sebelum menyantap makanan utama.

Bila kita tidak ada waktu untuk membuat sendiri setup makaroni ini, kita bisa membelinya di Rumah Makan Kusuma Sari Nonongan, warung Bu Harto di Jl Gatot Subroto Kartopuran, warung Selat Solo Mangkuyudan, warung Selat mbak Lies Serengan, Warung selat Vien Pasar Nongko dan warung makan lain atau juga jasa katering.