SEMARAK BUDAYA INDONESIA 2017 TAMPILKAN SEBELAS SANGGAR TARI

SEMARAK-BUDAYA-INDONESIA

 

Soloevent.id – Sebelas sanggar tari dari dalam maupun luar Kota Solo bakal unjuk gigi di acara Semarak Budaya Indonesia 2017. Di acara ini, kamu bisa menonton aneka tari tradisional maupun kontemporer.

 

Solo diwakili oleh Semarak Candra Kirana, Klangenan Budaya Prabudiningrat, Sanggar Soeryo Soemirat, Kinarya Soerya Soemirat, Sarwi Retno Budaya, dan Krida Budaya.

 

Dari luar kota ada Sanggar Sri Gemala Lamaksana (Kepulauan Riau), LKP Seni Pradapa Loka Bhakti (Pacitan), Komunitas Masyarakat Nias (Nias), Sanggar Seni Kinanti Sekar (Yogyakarta), dan Kembang Lawu (Karanganyar).

 

Di edisi keempatnya, Semarak Budaya Indonesia  mengangkat tema “Megah Tari Nusantara”. “Tarian yang ditampilkan sarat makna historis dan merupakan sumber kekayaan budaya Indonesia,” kata Ketua Panita Semarak Budaya Indonesia 2017, Disti Irfani Nurjannah, saat jumpa pers di Sekretariat Pemuda Kreatif, Selasa (25/7/2017).

 

Setiap hari, ada enam sanggar yang pentas. Salah satu penyaji, Kinarya Soerya Soemirat, bakal menampilkan lima tari. Salah duanya adalah “Pelangi Nusantara” dan “Bidadari Timur”. Musik dan gerak kedua tarian itu diciptakan Guruh Soekarno Putra.

 

Tarian yang disebut pertama menggambarkan keragaman yang ada di Indonesia. Nah, untuk memberikan warna lain di Semarak Budaya Indonesia 2017, tari “Bidadari Timur” akan diselingi fashion show dari dua desainer Kota Solo yang merupakan alumni Kinarya Soerya Soemirat.

 

Semarak Budaya Indonesia 2017 digelar untuk mengapresiasi dan aktualisasi sanggar-sanggar tari. “Sekaligus bisa mengedukasi anak-anak muda untuk cinta budaya dan meneruskannya,” jelas Disti.

 

Semarak Budaya Indonesia 2017 digelar di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Kamis-Jumat (27-28/7/2017), mulai jam 19.00 WIB. Acara ini gratis, lo.

Terkait

CANTIKNYA PENARI SEMARAK BUDAYA INDONESIA 2017 Soloevent.id - Sebelas sanggar tari dari dalam dan luar Solo tampil di acara Semarak Budaya Indonesia 2017. Diadakan di Gedung Kesenian...
SEMARAK BUDAYA INDONESIA 2017 JADI PANGGUNGNYA TARI-TARI NUS...   Soloevent.id - “Tiji tibeh! Mati siji mati kabeh, mukti siji mukti kabeh!” Kalimat itu dipekikkan dari atas panggung Gedung Kesenian Taman...