Semarak Asian Games 2018 di Pinggir Sungai Bengawan

0
106

Soloevent.id – Enggak terasa event olahraga terbesar di Asia, Asian Games, sebentar lagi bakal diselenggarakan di Indonesia. Jakarta dan Palembang ditunjuk menjadi kota tuan rumah.

Meski pertandingan Asian Games 2018 enggak digelar di Solo, tetapi semarak menyambut ajang empat tahunan ini tetap ada. Mau bukti? Mampir saja ke Kampung Asian Games 3D Nggirli di Jl. Candi Sari dan Jl. Candi Bodro, Pucangsawit, Jebres.

Jelang Asian Games 2018, tembok-tembok dan jalanan kampung dihiasi mural tiga dimensi bertema olahraga. Buat kamu yang doyan foto-foto, Kampung Asian Games Nggirli bisa kamu masukkan dalam daftar tujuan. Sedikit info, “Nggirli” merupakan kependekan dari “pinggir kali”. Iya, kampung ini cukup dekat dengan Sungai Bengawan Solo.

Koordinator muralis, Irul Hidayat, menceritakan, ide awal Kampung Asian Games ini dicetuskan oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. “Pak Wali kepingin bikin kampung tematik,” terangnya saat ditemui Soloevent beberapa waktu lalu.

Setelah berdiskusi, akhirnya disepakati tema yang akan diusung adalah Asian Games 2018. Menurut Irul, Asian Games kali ini sangat monumental karena Indonesia butuh lebih dari setengah abad untuk menjadi tuan rumah Asian Games lagi.  “Ini adalah momen yang terulang. Kami ingin ikut merayakannya. Belum tentu 50 tahun lagi Indonesia bisa menjadi tuan rumah,” tuturnya.

Semangat Asian Games 2018 dituturkan lewat mural atlet-atlet Indonesia yang berprestasi, misalnya Susi Susanti, Richard Sambera, Yayuk Basuki, Pino Bahari, Lalu Muhammad Zohri, dan lainnya. Irul dkk. juga memuralkan Rudyatmo sedang bermain tenis meja bareng Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Presiden Joko Widodo juga enggak lupa jadi obyek mural. RI 1 ditampilkan sedang mengenakan sarung tinju yang berlabel “Kerja”.



Menurut Irul, atlet-atlet itu sengaja dimuralkan untuk memberikan penghargaan kepada mereka dan menginspirasi warga – terutama anak muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here