Pre-Event Solo Is Solo Hadirkan Wajah Kota Solo

0
66
PRE-EVENT SOLOIS SOLO HADIRKAN WAJAH KOTA SOLO

PRE-EVENT SOLOIS SOLO HADIRKAN WAJAH KOTA SOLO

Soloevent.id – Memeriahkan malam pergantian tahun, Pemerintah Kota Solo menggelar car free night di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, Sabtu (31/12/2016). Bakal ada banyak kegiatan di sana. Salah satunya adalah pre-event SOLO is SOLO.

Bertempat di perempatan Nonongan, acara ini akan menampilkan live mural painting performance dari seniman-seniman street art dari dalam dan luar Solo. Di antaranya adalah Brotosaurus, Mewarnai Indonesia Mural Company, Digie Sigit, Fauzan & Dhawa, Dika Rabt, dan Chiz. Bakalan ditampilkan pula Folk Hip Hop Dance yang dibawakan Boogie Dance Papua, ensambel gong, dan stan-stan merchandise dari seniman / komunitas seni.

Buat kamu yang hobi foto-foto, bisa juga mengambil gambar dengan latar belakang mural bikinan street artist. Lukisan tersebut ada yang digarapmulai 26 Desember 2016 lalu, tapi ada juga yang disajikan secara live perform kepada publik.

“Itulah yang membedakan street artist dengan seniman dari bidang lain. Proses membuat karya bias terlihat penting daripada hasilnya,” ujar penggagas pre-event SOLO is SOLO, Sardono W. Kusumo, saat bertemu awak media di Kusuma Sari Restaurant, Kamis (29/12/2016).

Mural-mural tersebut akan menghiasi dinding-dinding city walk sepanjang Nonongan. Koordinator Kegiatan Pre-event SOLO is SOLO, Irul Hidayat, menjelaskan, para seniman mural akan mengungkapkan gambaran Solo masa lalu hingga masa depan.

Dengan desain realis maupun kartun, mural-mural itu bakal dibuat alur cerita dari zaman prasejarah menuju era sekarang hingga masa depan. Lewat event ini, Irul dan kawan-kawan yang tergabung dalam Mas Don Art ingin mengangkat lokalitas Solo. “Kota Solo banyak melahirkan pribadi yang menarik dan punya eksistensi di publik,” ungkapnya.

Nantinya, para seniman mural akan menghadirkan lukisan berwujud manusia purba; Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo; Presiden Indonesia dan juga mantan Wali Kota Solo, Joko Widodo; serta masih banyaklagi. Kanvas jalanan itu akan terbentang hingga 500 meter.

Sardono menambahkan, SOLO is SOLO merupakan event yang berusaha untuk merespon dan menghidupkan lagi ruang-ruang publik di Kota Solo dengan pendekatan mural. Puncak acara SOLO is SOLO digelar Oktober 2017 mendatang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here