Prambanan Jazz Jadi Satu-satunya Panggung Yanni di Asia Pasifik

184

Soloevent.id – Musisi kenamaan asal Yunani, Yanni, akan menggelar pertunjukan di Prambanan Jazz Festival (PJF) 2019, Sabtu (6/7/2019). Ia bakal tampil di panggung Special Show.

Saat hadir di jumpa pers, Kamis (4/7/2019), Yanni menuturkan bahwa penampilannya di PJF nanti tentunya berbeda dengan show spektakulernya di Acropolis — meskipun penampilannya di PJF ini merupakan rangkaian dari tur 25th Anniversary Acropolis.

“Sudah 25 tahun yang lalu dan banyak hal berubah. Tentunya penampilan yang akan saya persiapkan nanti pasti berbeda menyesuaikan latar atau venue,” ungkap Yanni di Hotel Tentrem.

Yanni terkenal sebagai musisi/komposer yang kerap manggung di berbagaI tempat bersejarah di dunia, seperti Taj Mahal (India), Forbidden City (Cina), dan yang memukau banyak orang adalah live recording di Acropolis (Yunani). Sering tampil di tempat-tempat bersejarah merupakan cara Yanni mengapresiasi warisan budaya dengan bahasa universal, yaitu musik.

“Kalau saya ingin mengomunikasikan karya dan warisan dunia dengan bahasa asli saya, mereka tidak akan paham, tapi musik itu bahasa universal dan semua orang memahaminya,” tuturnya.

Sebenarnya tahun lalu Yanni dijadwalkan tampil di Indonesia. Namun, karena mengalami kecelakaan, dia harus membatalkan beberapa jadwal tur dunianya, salah satunya di Indonesia.



Yanni juga menceritakan bagaimana dia melewati masa-masa kelamnya saat harus berbaring dan istirahat total untuk proses pemulihan. Dia mengaku cukup sulit, tapi saat mendengarkan karya-karya musiknya, menjadi obat yang manjur bagi dia.

Promotor Prambanan Jazz Festival yang diwakili CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi menjelaskan bahwa pihaknya sudah melobi Yanni kurang lebiih satu tahun terakhir dan baru terealisasi tahun ini. Yang paling spesial adalah penampilan Yanni di PJF tahun ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Pasifik.