Persiapkan AKM, Amora Learning Center Luncurkan Program

503

Soloevent.id – Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim pada 12 Desember 2019 lalu, Ujian Nasional 2021 resmi dihapus dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Artinya siswa-siswi kelas V SD, VIII SMP, dan XI SMA/K akan menghadapi ujian kelulusan yang berbeda di tahun 2021.

Keputusan itu mungkin menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat, khususnya para guru dan orang tua murid mengenai gambaran ujian kelulusan. Oleh karena itu Amora Learning Center sebagai lembaga pembelajaran di Kota Solo meluncurkan Program Persiapan AKM (PAKEM) 2021 demi memberikan dukungan kepada para pelajar untuk menghadapi ujian AKM 2021.

Praktisi dan Konsultan Pendidikan Amora Learning Center Andrew Sophian Putra, B.Soc, Sci memaparkan AKM ini akan berfokus pada Contextual Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Konteks yang tidak mengacu pada hal-hal informatif atau hafalan, melainkan lebih kepada kemampuan siswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada masing-masing bidang.

Lulusan National University of Singapore itu mencontohkan metode pembelajaran yang ada di Negeri Singa. Saat ujian Matematika, disediakan rumus di balik soal. Lewat cara itu, siswa tidak lagi memecahkan soal matematika dengan cara menghafalkan rumus, tetapi lebih kepada pemahaman  dalam menggunakan rumus tersebut.

“Sebenarnya ujian AKM dengan Ujian Nasional tidak berbeda jauh, hanya pada penerapannya saja yang berbeda,” jelasnya saat meluncurkan PAKEM di Amora Learning Center, Rabu (22/1/2020).

Melalui AKM, siswa bakal terdorong untuk berkompetisi dengan dirinya sendiri, bukan sekadar mengejar nilai. Namun, lanjut Andrew, belum ada keterangan dari Mendikbud terkait standar nilai pencapaian sebagai syarat kelulusan.



Amora Learning Center merupakan lembaga pembelajaran pertama di Indonesia yang telah merilis program persiapan AKM 2021. PAKEM 2021 ini diterapkan dengan dua cara, yaitu secara offline/tatap muka (Rp3,8 juta untuk 6 bulan atau Rp7,5 juta untuk 12 bulan) dan online melalui WhatsApp Learning Group (Rp50 ribu untuk 3 bulan).

PAKEM 2021 ini akan dimulai pada bulan Februari 2020 mendatang.