PERNAH JADI PENARI LATAR MADONNA, SENIMAN INI JADI MASKOT SIPA 2017


Soloevent.id – Sudah menanti gelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2017? Untuk menyambut hajatan akbar ini, pada Sabtu (22/7/2017), panitia SIPA 2017 mengenalkan tema dan maskot kepada awak media.


Di edisi kesembilannya, “Bahari Kencana Maestro Karya” dipilih sebagai tema. Tema tersebut didasarkan atas kebanggan melimpahnya kekayaan bahari Indonesia. Tema itu nantinya bakal diterapkan dalam bentuk panggung dan sajian masing-masing delegasi.


Panggung SIPA 2017 akan dibuat menyerupai KRI Dewaruci. Di tempat itulah karya-karya penampil bakal dipentasksan. Karya-karya dari berbagai lintas seni tersebut menonjolkan unsur bahari. Untuk memperkuat tema, beberapa penampil yang diundang di SIPA 2017 berasal dari daerah-daerah pesisir di Indonesia.


Salah satu penampil yang bakalan unjuk gigi di SIPA 2017 adalah Eko Supriyanto alias Eko Pece. Seniman tari yang bermukim di Solo ini telah mementaskan karyanya di berbagai negara.



Salah satu masterpiece-nya yang dibawa keliling dunia, “Cry Jailolo”, mengangkat tentang kehidupan bawah laut Jailolo, Halmahera Barat, Maluku. Tarian ini dibawakan oleh tujuh pemuda setempat. “Cry Jailolo” bukanlah proses singkat. Risetnya dikerjakan 1,5 tahun. Eko juga sering mengadakan festival seni di Jailolo.


Atas pergerakannya itulah Eko Pece ditunjuk sebagai maskot SIPA 2017. “Ketika dipercaya jadi maskot,  saya kaget, soalnya saya merasa belum pantas untuk menjadi itu. Soalnya mash banyak seniman di Solo yang layak,” jelasnya.


Nah, di SIPA 2017, lelaki kelahiran Astambul, Kalimantan Selatan, ini juga akan mempertontonkan dua karyanya yang terinspirasi dari bahari. “Di daerah asal saya, ‘bahari’ artinya dahulu. Jika ditarik menjadi produk kesenian, itu ada kaitannya dengan tradisi. Di event mendatang, saya akan menari tradisi dan ada satu tarian lagi yang mengangkat tema kelautan,” ujarnya.


Seniman yang berhasil meraih gelar doktor di Universatis Gadjah Mada ini pernah menjadi bagian dalam konser tur Madonna “Drowned World” sebagai penari latar. Ia juga menjadi konsultan tari dalam pentas teater Broadway “Lion King”.


Hhmm, penasaran dengan aksi Eko Pece di SIPA 2017? Tunggu tanggal mainnya pada 7-9 September di Benteng Vastenburg.

Terkait

PRE-EVENT SIPA TAMPILKAN RASA ETNIK BERBALUT KONTEMPORER Kamis (28/8/2014), Atrium Solo Grand Mall tampak semarak. Sejumlah kursi yang disusun terisi penuh. Kemeriahan tidak hanya meliputi Lantai Dasar m...
SIPA 2014 DIMERIAHKAN 15 DELEGASI SENI Solo International Performing Arts (SIPA 2014) siap digelar. Pergelaran acara yang melingkupi seni tari, musik, dan art performance ini akan digel...
SIPA 2014 : GARA-GARA PANITIA SIPA 2014 (Solo International Performing Art), adalah sebuah acara budaya yang digagas oleh mantan Wali Kota Solo Joko Widodo. Kota yang bertetang...
RITUAL JELANG SIPA 2014 Acara yang sudah berjalan ditahun keenam ini selalu mengambil konsep yang berbeda disetiap tahunnya. 2014 adalah tahun dengan tema “Generation Awa...
JADWAL SIPA 2014 HARI KEDUA Pertunjukan kesenian yang terangkum dalam SIPA 2014 (Solo International Performing Arts) telah sah dibuka Kamis (11/9/2014). Di hari pertama, lima...