Pameran Komputer Apkomindo Sedot 50.000 Pengunjung

821

Pameran-Komputer-Apkomindo

Dari lima hari penyelenggaraan pameran komputer Apkomindo Solo Computer Bazar 2014, Sabtu-Rabu (9-13/8/2014), mampu menyedot pengunjung hingga sekitar 50.000 orang. Dengan harga tiket yang tegolong bisa dijangkau oleh semua kalangan yakni Rp 4.000,00, ditambah dengan tingginya minat beli yang dipengaruhi momen tahun ajaran baru dan pasca Lebaran, menjadi alasan tersendiri berjubelnya pengunjung yang datang, terutama pada hari terakhir penyelenggaraan.

“Karena bersamaan dengan anak baru masuk sekolah. Jadi untuk kali ini peminat laptop juga luar biasa,” jelas Ketua Panitia Apkomindo Solo Computer Bazar 2014, Ginanjar Setiawan. Sama halnya dengan laptop, menurutnya, tingginya daya beli masyarakat terhadap smartphone, disebabkan oleh Tunjangan Hari Raya (THR) yang masih mereka pegang.

Dengan mengajak serta 20-an vendor dan sekitar 80 stan dalam pameran yang bertempat di Diamond Solo Convention Center ini, pengunjung bisa memilah-milah barang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkannya. Riefai salah satunya. Walaupun telah men-survey tiga stan yang menjual laptop, namun ia belum bisa memantapkan pilihannya. “Saya ke sini karena dimintai teman kantor untuk membelikan laptop. Dia ngasih range harga 3,5-3,7 juta. Mau nyari yang kualitasnya bagus dan tangguh,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Ginanjar, panitia menargetkan 50.000 pengunjung selama lima hari berjalannya acara. Karena pameran dimulai pada weekend, maka itu berpengaruh positif terhadap tingkat kunjungan. Sebanyak 10.600 pada Hari Sabtu, dan meningkat menjadi 11.600 pada Minggu-nya. Senin dan Selasa pengunjung turun menjadi 8.300 dan 8.500. Pada hari ke-5, menurutnya ada 11.000 pengunjung yang hadir.

Ketika disinggung mengenai target penjualan, Ginanjar menjawab, “Biasanya kalau target, per toko dan per vendor beda-beda. Saya rasa kalau pengunjungnya 50.000 ke atas, targetnya sudah otomatis melebihi.” Tingginya pengunjung yang hadir, menjadi berkah tersendiri bagi stan-stan yang berpartisipasi. “Kami yang di depan ini, targetnya sudah tertutup di hari ketiga dan keempat,” imbuhnya.

Pasca pameran bulan ini, Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), akan mengadakan pameran kembali pada 3-7 Desember 2014.