OPERA RAMAYANA ISI LIBUR LEBARAN DI KOTA SOLO

 

Soloevent.id – Pertunjukan Opera Ramayana berjudul “Rama Tambak” bakal dihadirkan Pemerintah Kota Solo dan seniman Surakarta.

 

Digelar di halaman barat Benteng Vastenburg, 28-30 Juni 2017, event yang diberi nama Bakdan Neng Solo ini bakalan jadi alternatif hiburan bagi warga Solo – terutama pemudik – di momen libur Lebaran.

 

Opera Ramayana melibatkan sekitar 200 seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan empat sanggar tari di Solo: Kembang Lawu, Sarwi Retno Budaya, Semarak Candra Kirana, dan Soeryo Soemirat.

 

Sebagai penunjang pementasan, tim Opera Ramayana akan menampilkan fantasi laut. “Tim setting kami saat ini masih melakukan eksplorasi. Bangunan itu akan dibuat miring, ya bermain-main dengan perspektif ruang,” kata Asisten Pimpinan Produksi Opera Ramayana “Rama Tambak”, Mukhlis Anton Nugroho, saat ditemui Soloevent di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017).

 

Mukhlis menerangkan, latihan Opera Ramayana telah berlangsung sejak 8 Juni lalu. Mendekati hari-H, para pendukung pementasan berkumpul untuk berlatih bareng.

 

“Untuk sanggar tari, kami menggunakan metode beda. Musiknya kami rekam dulu, terus rekamannya kami kirim ke mereka biar bisa mencari gerakannya. Kalau sudah ketemu, di-share di latihan bareng ini,” ujarnya.

 

Tokoh-tokoh utama dalam Opera Ramayana ini diperankan penari-penari profesional, seperti Heru Purwanto (Rama), Guntur Kusuma (Rahwana), Agung Kusumo (Kumbokarno). Para penari sanggar menjadi pendukung pentas. Bahkan, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, rencananya bakal tampil sebagai Dewa Baruna.

 

Opera Ramayana “Rama Tambak” menceritakan tentang pembangunan bendungan dari kerajaan Pancawati menuju Alengka. Bendungan itu dibangun sebagai jalan bagi pasukan Rama yang bakalan menyerbu Alengka demi menyelematkan Sinta yang diculik raja Alengka, Rahwana.

 

Opera Ramayana digelar secara gratis. Pertunjukan akan dimulai pada jam 19.30 WIB.

Terkait

TAMAN SATWA TARU JURUG BAGI-BAGI 4.000 KETUPAT DAN APAM Soloevent.id - Di akhir masa libur Lebaran dan menandai puncak Pekan Syawalan 2017, Minggu (2/7/2017), Taman Satwa Taru Jurug membagi-bagi ketupat...
API DAN ASAP MENEMANI SENDRATARI RAMAYANA Pertunjukkan Sendratari Ramayana adalah penampilan seni drama dan tari yang dipadukan menjadi satu. Pertunjukkan yang sudah dikenal dari jaman Maj...
SENDRATARI RAMAYANA TAMAN BALEKAMBANG SELALU MENDAPAT HATI M... Soloevent.id – Malam itu, sanggar tari Seniman Remaja Sriwedari (Senja Sri) membawakan dengan apik cerita berjudul “Geger Gua Kiskenda”. Pementasa...
JAKA TINGKIR KALAHKAN BUAYA DI TAMAN SATWA TARU JURUG   Soloevent.id - Perjalanan Mas Karebet atau Jaka Tingkir dari Desa Banyubiru menuju Demak ditampilkan di Taman Satwa Taru Jurug pada hari t...