NOWELA: LABEL BERSIKAP FLEKSIBEL DI PEMBUATAN #1

NOWELA: LABEL BERSIKAP FLEKSIBEL DI PEMBUATAN #1

 

Soloevent.id – 2016 ini sepertinya menjadi tahun yang menggembarikan bagi Nowela. Pemenang Indonesian Idol musim kedelapan itu pada 23 Mei lalu mengeluarkan album perdananya, #1. Di samping menjadi bukti resmi bahwa dirinya adalah penyanyi, album tersebut sekaligus menjadi media perkenalannya kepada penikmat musik.

Melalui #1, perempuan kelahiran 19 Desember 1987 ini ingin menampilkan karakter yang murni dirinya. “Aku tak ingin menjadi orang lain supaya bisa dikenal,” tuturnya seusai menjalani talkshow di radio Metta FM, Solo, Minggu (31/7/2016).

Nowela mengatakan, #1 adalah album yang mencerminkan dirinya. Sisi-sisi dirinya itu dimunculkan lewat beragamnya aliran musik. “Jenis musik yang aku suka ada di sini. Album ini kaya warna. Ada RnB, blues, pop. Album ini enggak terlalu nge-pop karena aku tuh bukan orang yang pop banget,” jelasnya.

Alicia Keys, Rihanna, dan Jessie J disebut Nowela sebagai panutan dalam menghasilkan karya berisi 11 lagu ini. Sedangkan untuk gaya bernyanyinya, dia menunjuk Tracey Chapman dan Aretha Franklin. “Aku suka blues, gospel, hip-hop, RnB, reggae. Di album ini improvisasiku memakai notasi blues. Album ini kaya [warna musik] karena pengalamanku banyak,” tutur dia.

Wanita 27 tahun ini mengaku bahwa labelnya bersikap fleksibel dalam pembuatan #1. “Untungnya enggak ada pertentangan dari label terkait idealismeku bermusik. Aku bersyukur labelku sangat fleksibel dan open minded,” bebernya.

Salah satu yang ia gambarkan adalah saat sesi rekaman bersama Produser #1, Jan Dujana. Nowela pernah mengeluh kepada Jan bahwa ada satu lagu yang enggak ia banget. “Pak Jan bilang, ‘Oke kita coba dulu’. Tapi setelah rekaman, lagu itu enggak dipakai,” ungkap dia.

Walau tidak ikut membikin lagu, tetapi Nowela turun tangan langsung dalam pembuatan desain dan layout CD. “Mulai dari foto, make up, wardrobe, desainer mana yang aku pakai, warna cover, pemilihan font, semuanya pilihan aku. Label soalnya pernah bilang, ‘Nowela maunya apa kami turutin. Kami lihat seleranya terlebih dulu’,” paparnya.

 

Terkait

PROSES ALBUM #1 NOWELA TERKENDALA JADWAL   Soloevent.id - Dua tahun pasca kemenangannya di Indonesian Idol musim delapan, Nowela Elizabeth Mihkelia Auparay – biasa dipanggil Nowel...
“URANIUM VOICE” NOWELA MERIAHKAN HUT METTA FM   Soloevent.id - Metta FM sedang berbahagia. Minggu (31/7/2016) kemarin, salah satu stasiun radio di Kota Solo ini merayakan ulangtahunnya...
9 KOMPOSER TANGANI ALBUM #1 NOWELA   Soloevent.id - Berjarak dua tahun usai memenangi Indonesian Idol musim delapan, Nowela akhirnya mengeluarkan album perdananya yang diber...
ALBUM #1 JADI PERKENALAN DIRI NOWELA   Soloevent.id - Belakangan ini, Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay sibuk keliling ke beberapa kota. Minggu (31/7/2016) contohnya. Penyanyi...