Museum Keris Nusantara: Mimpi Itu Akhirnya Terwujud

0
47

MUSEUM-KERIS-NUSANTARA-03

 

Soloevent.id – Museum di Kota Solo akhirnya bertambah lagi. Per Rabu (9/8/2017), Museum Keris Nusantara mulai beroperasi. Museum yang berlokasi di Jl. Bhayangkara ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Presiden Jokowi sampai ke Museum Keris Nusantara sekitar jam 12.00 WIB. Setelah menyanyikan “Indonesia Raya” bersama tamu undangan, Presiden dihibur oleh tari Bambangan Cakil.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi merasa berbahagia karena salah satu mimpinya akhirnya terwujud. Ya, saat menjabat Wali Kota Solo, Jokowi kepingin Solo punya museum keris.  “Walaupun menunggu cukup lama, alhamdulillah Museum Keris Nusantara akhirnya rampung,” katanya.

 

MUSEUM-KERIS-NUSANTARA-05

 

Bangunan berlantai lima ini mulai dibangun pada 2013. Saat ini, Museum Keris Nusantara punya 409 buah keris se-Indonesia dan dari berbagai era. Tak hanya keris, museum yang dibangun di lahan seluas kurang lebih 6.986 meter persegi ini juga punya koleksi tombak dan pedang.

 

Presiden Jokowi berharap dengan diresmikannya museum keris ini masyarakat bisa mengenal dan melihat perjalanan sejarah keris, tombak, pedang, dan lainnya yang jadi warisan budaya Indonesia. Ia meneruskan, Museum Keris Nusantara juga menjadi penghargaan terhadap seni budaya Nusantara.

 

“Di sini, kita bukan hanya bisa melihat keindahan karya para empu keris, tapi juga bisa meresapi filosofinya. Kita harus ingat bahwa museum dan sejarah adalah jendela dalam menatap masa lalu untuk melangkah optimis menyongsong masa depan,” terangnya.

 

MUSEUM-KERIS-NUSANTARA-06

 

Sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO, Presiden Jokowi mengajak masyarakat (terutama generasi muda) supaya melestarikan keris. “Walaupun kita berupaya mengejar kemajuan, tetapi kita tidak boleh tercerabut dari tradisi dan tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa,” ucapnya.

 

Setelah memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo menandatangani batu prasasti dan  melakukan pemotongan bunga tanda diresmikannya Museum Keris Nusantara. Presiden kemudian melakukan tinjauan ke dalam Museum Keris Nusantara.

 

Sekedar info, selama Agustus 2017 ini, Museum Keris Nusantara menggratiskan tiket masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here