Museum Keris Nusantara Diresmikan, Ki Tengara Dikirab

0
87

MUSEUM-KERIS-NUSANTARA-01

 

Soloevent.id – Dibangun pada 2013, Museum Keris Nusantara di Kota Solo akhirnya diresmikan pada Rabu (9/8/2017). Museum yang terletak di Jl. Bhayangkara ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Peresmian didahului dengan prosesi kirab salah satu koleksi Museum Keris Nusantara yang dinamai Ki Tengara. Benda pusaka itu dikirab oleh kurator Museum Keris Nusantara dan pegawai UPT Museum dari Loji Gandrung menuju lokasi peresmian.

 

Saat dikirab, keris tersebut dimasukkan ke dalam peti yang berhias ronce melati. Setelah sampai, Ki Tengara diserahkan oleh Ronggojati Sugiyatno (pemimpin rombongan sekaligus salah satu kurator) kepada Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

 

Kata Ronggojati, Ki Tengara termasuk dalam tangguh Kamardikan, yang artinya keris itu dibikin oleh empu-empu pada rentang waktu antara 1945 hingga sekarang. Seperti keris pada umumnya, Ki Tengara punya filosofi tersendiri.

 

”Misalnya, keris ini punya luk 5 yang melambangkan Pancasila. Warangka-nya berjenis Ladrang, itu menandakan sifat berani.Sungging-nya bermotif alas-alasan yang berarti peduli terhadap lingkungan hidup,” ujarnya.

 

Ki Tengara bergabung dengan sekitar 408 keris lainnya yang disimpan di Museum Keris Nusantara. Koleksi-koleksi yang ada di museum ini merupakan barang hibah dari kolektor-kolektor keris di berbagai daerah di Indonesia.

 

F.X. Hady Rudyatmo berharap, dengan diresmikannya Museum Keris Nusantara bisa menjadikan pamor Indonesia semakin gemerlap di mata dunia. “Apalagi keris sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada 25 November 2005,” ungkapnya.

 

Harapan itu diwujudkan dalam penanda tahun pembuatan (candra sengkala) Museum Keris Nusantara yang berbunyi “Luhuring Pusaka Mekaring Budaya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here