Monumen Pers Nasional Tampil Lebih Kekinian

380

Soloevent.id – Seiring dengan momentum  Hari Pers Nasional tahun 2020 yang jatuh pada 9 Februari lalu, Monumen Pers Nasional menyelenggarakan kegiatan Festival Pers Nasional 2020 dengan tujuan mengajak masyarakat agar lebih mengenal sejarah pers dalam negeri.

Penyelenggaraan event tersebut juga menandai selesainya revitalisasi tahap pertama Monumen Pers Nasional yang dimulai sejak 2019. Pada Jumat (14/2/2020) diadakan Soft Opening Monumen Pers Nasional.

Kepala Monumen Pers Nasional Surakarta Widodo Hastjaryo mengatakan Monumen Pers merupakan tempat lahirnya insan-insan pers yang saat itu ditandai dengan diadakannya kongres PWI (Perhimpunan Wartawan Indonesia) pascakemerdekaan, yaitu pada tanggal 9 Februari 1946. Sejak saat itu, ditetapkanlah 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Setelah direvitalisasi, Monumen Pers Nasional mulai mengikuti perkembangan zaman dalam menyediakan informasi mengenai dokumentasi sejarah pers di Indonesia. Biar anak-anak muda lebih tertarik, Monumen Pers mengemas informasi-informasi itu dalam bentuk dokumentasi digital berupa audio video, salah satunya menceritakan perkembangan pers.

Dalam acara itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Mas Aboekasan Atmodirono, seorang arsitek yang mendesain bangunan Monumen Pers Nasional; dan wartawan senior Kumala Atmojo. Penghargaan diberikan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr Widodo Muktiyo.



Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya Monumen Pers Nasional pascarevitalisasi dan kemudian dilanjutkan room tour.

Di sesi kedua,  diselenggarakan  Seminar Nasional di Hotel Sahid Jaya Surakarta.  Festival Pers Nasional digelar tanggal 9-22 Februari 2020.