MERIAHNYA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL DARI TAHUN KE TAHUN

SOLO-CULINARY-FESTIVAL

Soloevent.id – Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) merupakan salah satu event tahunan di kota Solo yang menyajikan ragam kuliner tradisional di Indonesia. Terutama, menyajikan beraneka ragam masakan khas Solo yang dikenal sebagai kota kuliner, acara ini mendapat respon positif dari berbagai lapisan masyarakat baik didalam maupun diluar Kota Solo bahkan pengunjung dari mancanegara.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mengeksplorasi, mengoptimalkan, dan mempromosikan potensi kuliner yang ada di Solo dan memberi kesempatan bagi seluruh pengunjung untuk mencicipi jajaran kuliner di setiap stan dengan harga yang murah dan rasa yang bikin nagih.

SICF pertama kali diadakan pada tahun 2014, tepatnya pada tanggal 14-16 Maret ini diselenggarakan dengan sangat meriah. Terdiri dari beberapa susunana acara seperti food bazar, culinary demo, culinary competition, culinary talkshow, music performance dan masih banyak lainnya. Demo dan Lomba mengangkat Tumpeng & Kuliner tradisional. Ada juga festival tengkleng yang membuat seluruh pecinta kuliner bergoyang lidah.

Lanjut ke tahun berikutnya, di tahun 2015 semarak SICF semakin meriah. Pada dasarnya konsep acaranya tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, menyajikan ragam kuliner tradisional dengan variasi olahan kuliner. Acara utama dalam event ini diantaranya adalah pameran dan demonstrasi kuliner tradisional Nusantara yang menampilkan kuliner khas beberapa provinsi di Indonesia.

Acara lainnya yaitu display dan demonstrasi 30 ragam kuliner tradisional Indonesia yang akan diikuti oleh praktisi maupun industri jasa Kuliner Indonesia. yang lebih menariknya lagi, ada juga bazar jajanan, lomba memasak, dan pembuatan tumpeng raksasa.

SICF di tahun 2016 digelar tepatnya di tanggal 7-10 April. Beberapa rangkaian acara menarik yang digelar di tahun ini adalah kontes foto makanan, Indonesia Tradisional Cuisine Competition, Talk Show Kuliner, BUMN cooking day, pelatihan masak, Festival Tengkleng, dan yang lainnya. Untuk menyemarakkan acara, digelarlah Indonesia Traditional Cuisine Competition 2016 pada Jumat, Pesta Tengkleng di hari Sabtu, dan ditutup oleh Festival Cakar Bakar pada Minggu.

Untuk SICF di tahun 2017 yang akan digelar 6-9 April bertempat di Stadion Manahan kembali akan memanjakan lidah dengan berbagai santapan lezat khas Indonesia, khususnya Kota Solo. Event kali ini akan diramaikan oleh kurang lebih 120 stand kuliner dan 30 stand disediakan khusus secara gratis bagi seluruh pengunjung.

Para pengunjung juga dapat menikmati masakan dan jajanan khas Solo karena akan diadakan Festival Tengkleng, Festival Kue Putu, Festival Sate Kere, Festival Gempol Pleret dan Festival Brambang Asem. Selain itu, ada program acara yang unik dan menarik yang berkolaborasi dengan penampilan dari ICA (Indonesia Chef Association).

Nah, sekarang sudah tau kan perjalanan Solo Indonesia Culinary Festival dari tahun ke tahun? Jangan lupa untuk turut serta meramaikan SICF  tahun ini, sekaligus mencicipi kuliner khas kota budaya kita.