Mengenal Jali Liwet, Bisa Obati Diabetes dan Kanker

982

Soloevent.id – Solo Trade Expo 2019 memamerkan produk-produk unggulan dari ratusan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Solo dan sekitarnya, yang meliputi usaha kuliner, fashion, aksesoris, hingga otomotif. Berbagai produk-produk unggulan dari UMKM binaan dinas, BUMN, BUMD, dan swasta juga ikut serta.

Salah satunya Jali Liwet, produk binaan dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Surakarta. Produk yang dihasilkan pelajar SMA Muhammadiyah Program Khusus ini pernah memenangkan lomba kreativitas dan inovasi dalam ajang Krenova 2019 kategori pelajar.

Produk ini berupa tanaman biji jali yang bisa diolah menjadi bahan pangan bergizi tinggi. Jali Liwet rempah berkhasiat bagi penderita diabetes karena dapat mengontrol gula darah, serta obat tradisional untuk melawan kanker.

Jali Liwet bentuknya biji-bijian. Setelah diolah, bentuknya mirip seperti kacang tanah dan bisa dijadikan bubur yang mengandung karbohidrat dan herbal.



Cara mengolahnya sangat mudah. Biji jali yang sudah dicuci, direndam selama kurang lebih tiga jam agar teksturnya sedikit lebih mengembang. Setelah itu, jali tinggal ditiriskan dan diolah dengan cara direbus atau dikukus hingga lunak seperti memasak nasi liwet.

Biji Jali merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian dari suku padi-padian. Tumbuhan bernama latin Coix lacryma-jobi L ini berasal dari Asia Timur dan juga Malaya. Tapi sekarang tumbuhan ini sudah tersebar di berbagai penjuru dunia. Tanaman ini bisa ditemukan di area persawahan dan termasuk tanaman liar. Setelah dilakukan penelitian dan uji coba, tanaman ini aman dikonsumsi.

Stan Jali Liwet terletak disisi utara Pendapa Balai Kota Surakarta. Selain Jali Liwet, terdapat tiga produk lainnya yaitu tempat sampah pintar (Difabel Sukses Mandiri) dan alat jasa potong & grafir (Acrylic, Cutting dan Engraving).

Masyarakat yang merasakan khasiat produk ini atau ingin berbelanja produk-produk lainnya bisa datang ke Balai Kota Surakarta, 27 November-1 Desember 2019, mulai pukul 10.00-21.00 WIB.