Mencari Talenta Muda Lewat Lomba 3On3

0
111

basketball

Soloevent.id – Klub basket Bhinneka Solo mengadakan lomba 3×3 Fun@theMall di Hartono Mall Solo. Ada empat kategori yang dipertandingkan yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan universitas.

Untuk tingkat SD-SMP, lomba dimulai Minggu-Selasa (26-28/3/2017). Kategori ini diikuti 42 tim basket se-Solo Raya, yang terdiri dari 9 tim SD, 25 tim putra SMP, dan 8 tim putri SMP. Perlombaan ini menggunakan sistem grup. Tiap grup diisi tiga tim. Final akan berlangsung pada hari terakhir event.

Sedangkan untuk kategori SMA-universitas, panitia masih membuka pendaftaran hingga 28 Maret. Berbeda dari yang sebelumnya, di kategori ini peserta berasal dari seluruh Indonesia. Pertandingan bakal dilaksanakan tanggal 31 Maret-2 April 2017.

3×3 Fun@theMall merupakan perlombaan 3on3 perdana yang digarap Bhinneka Solo. Ketua Pelaksana 3×3 Fun@theMall, Mikhael Bagus Pradana, mengungkapkan, 3on3 dipilih karena olahraga ini cukup diminati penggemar basket di Kota Solo.

Ditambah lagi, 3on3 sudah diresmikan oleh Federasi Basket Internasional (FIBA). 3on3 juga sudah mendapatkan tempat di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 sebagai cabang olahraga eksebisi. Bahkan, pada PON 2020 mendatang, 3on3 sudah dipertandingkan untuk perebutan medali.

Digelarnya 3×3 Fun@theMall diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit pebasket muda di wilayah Solo Raya. “Di 3×3 akan terlihat sisi individual pemain,” ujarnya saat ditemui Soloevent, Minggu.

Perlombaan ini juga menjadi ajang pembinaan Bhinneka terhadap talenta-talenta muda. “Kalau ada pemain yang menonjol dan selama dia belum dibina klub lain, akan kami tawari untuk bisa membina potensi di klub kami,” terangnya.

Bhinneka Solo memilih mal sebagai tempat penyelenggaraan agar lebih mudah mengenalkan basket ke masyarakat, terutama generasi muda. Mikhael membeberkan, biasanya setelah membikin event, ada orangtua yang menitipkan anaknya agar bisa belajar basket di Bhineka.

“Kedua, meningkatkan kepercayaan diri anak dan melatih ia berkomunikasi dengan banyak orang. Ada juga orangtua yang punya anak bandel, ia menitipkan kepada kami agar attitude-nya berubah,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here