Maskot SIPA 2018 Bakal Tampilkan Karya-Karya Baru

0
205
Foto: Reza K. Darmawan

Soloevent.id – Tahun ini Melati Suryodarmo ditunjuk menjadi maskot SIPA 2018. Seperti edisi-edisi yang lalu, maskot SIPA akan menyuguhkan karya. Begitu juga dengan Melati, ia bakal manyajikan beberapa karyanya dalam pagelaran yang dihelat Kamis-Sabtu ( 6-8/9/2018).

Hari pertama atau opening ceremony, Melati bakalan menampilkan karya tari terbarunya yang berkolaborasi dengan Semarak Candra Kirana, Studio Plesungan, SMKI, dan Galih Naga Seno. Mereka akan diiringi oleh sekitar 36 pemusik dari Etnomusikologi ISI Surakarta. “Ini adalah pertama kalinya saya bekerja sama dengan anak muda Solo,” kata Melati dalam jumpa pers di Ballroom Ratu Boko Ibis Styles Hotel Solo, Selasa (4/9/2018).

Keesokan harinya, Melati bakal menampilkan karya tari berkolaborasi dengan mahasiswa asal Makassar.

Di hari penutupan SIPA 2018, seniman yang terkenal dengan aksi performance art-nya itu akan mempersembahkan karya baru lagi. Kali ini Ramayana menjadi ide karyanya. “Eits, ini bukan mengangkat cerita klasik kisah cinta Rama dan Shinta-nya, ya,” tutur dia.



Melati ingin mengintepretasikan karya Ramayana dengan cara berbeda. Ia akan mengeskplorasi sisi diri manusia. Baginya, tokoh-tokoh dalam Ramayana mencerminkan sisi ego, pikiran, dan jiwa manusia. “Pada adegan terakhir saat Rahwana gugur, itu bermakna kalahnya ego,” bebernya.

Melati Suryodarmo dikenal sebagai tokoh performance art yang menjadikan tubuh manusia sebagai salah satu sumber penting inspirasi karya-karyanya.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here