LIPUTAN SOLO BATIK FASHION 2016 HARI 1

edit-770-513

Soloevent.id Solo Batik Fashion 2016 dihelat dengan apik di hari pertama, Jumat (6/10/2016, di Halaman Balaikota Surakarta. Edisi kedelapan Solo Batik Fashion dibuka oleh pertunjukan tari “Mutu Manikam Pesona Indonesia” yang menggambarkan eksistensi kain batik di seluruh Indonesia. Judul tari tersebut juga jadi tema perhelatan fashion show terakbar di Kota Solo itu.

Salah satu desainer Solo Batik Fashion 2016, Uzy Fauziah, memamerkan batik lawas dengan tema “Smara Badra” yang bermakna kenangan indah. Menurut Uzy, dengan memanfaatkan batik lawas atau recycle, aura pesona Indonesia akan terasa lebih kental bagi siapapun yang memakainya.

“Saya tampilkan busana feminim, panjang, dan pendek. Ada total enam outfit wanita dan dua pria yang mengenakan batik tulis lawas berpadu katun polos hitam dan putih. Karena modelnya casual, jadi bisa dipakai untuk harian maupun undangan pesta. Cocok juga untuk wanita berjilbab karena ini bisa untuk segala suasana,” ujarnya saat ditemui Soloevent.

Desainer lain, Astuti K-Rizma, menyuguhkan karya bertema “Serumpun” di hari pembukaan Solo Batik Fashion 2016. “Serumpun” diartikannya sebagai satu turunan. Ia berujar, batik dengan satu turunan “latar ireng” mampu menjadikan sebuah karya yang anggun, baik itu sebagai atasan, kebaya, dress cocktail / jas pesta.

“Sesuai filosofinya, batik adalah perwujudan seni yang memperhalus budi dan rasa. Begitu pula dengan batik dengan satu turunan ”latar ireng.” Disini bahan yang digunakan adalah batik latar ireng motif parang, batik latar ireng motif kawung, batik latar ireng motif slarak, kain tile dan payet/permata,”tuturnya.

Selain dua desainer di atas, gelaran Solo Batik Fashion 2016 hari pertama menampilkan nama-nama seperti Maya Yurizawa, Batik Keris, Mode Design, Owen Joe, dan Phillip Iswardono juga tak kalah apik menampilkan karya masing-masing.

Dihari kedua, Sabtu (8/10/2016), akan ada Ina Ambarwati, Tari Made, Gregorious Vici, Cyntia Hermanto, Batik Agung Wibowo, Nara Batik, Batik Paradise, Robby Dion, Batik Riya Honggowongso, Djongko Rahardjo dan Batik Danarhadi. Solo Batik Fashion 2016 bakal dihelat hingga Minggu (9/10/2016).