Lima Lomba Tujuh Belasan yang Unik dan Seru

265

Soloevent.id – Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya dengan mengadakan lomba tujuh belasan.

Lomba tujuh belasan yang sering diadakan antara lain panjat pinang, balap karung, lomba kelereng, makan kerupuk, hingga memasukan pensil dalam botol. Namun, ada juga lomba-lomba unik yang antimainstream.

Nah, berikut adalah daftarnya.

1. Lomba nguwot atau berjalan di atas bambu

Jenis perlombaan ini biasanya diadakan di sungai atau di parit yang besar. Setiap peserta harus dapat menyeberangi sungai dengan berjalan di atas bambu.

Tantangannya para peserta wajib menjaga keseimbangan saat berjalan biar tidak jatuh. Biasanya bambu yang dibuat untuk menyebrang akan semakin licin karena terkena air dan lumpur dari sungai.

2. Lomba balap sepeda di atas air

Berbeda dengan nguwot, lomba ini lebih menantang karena peserta harus melintasi papan kecil menggunakan sepeda untuk menyeberang sungai atau parit. Jika kehilangan fokus dan tidak seimbang, sudah pasti mereka akan jatuh ke dalam air.

3. Lomba gebuk bantal

Seperti namanya, para peserta berduel memakai bantal. Lokasi duel berada di atas bambu yang melintangi sungai atau parit. Sambil duduk, mereka bakalan saling pukul menggunakan bantal atau guling. Yang jatuh duluan, kalah.



4. Lomba merangkak sambil ngedot

Lomba tujuh belasan ini tidak hanya melibatkan anak-anak, tapi juga orang tuanya.  Dalam lomba ini, anak-anak naik ke punggung bapak atau ibunya yang akan merangkak sambil mengisap dot bayi sampai garis finis.

5. Lomba mirip pahlawan kemerdekaan

Peserta yang ikut harus berdandan dan menirukan gaya para pahlawan. Melalui lomba ini, masyarakat diajak untuk menghormati para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.