Lima Lomba 17-an yang Selalu Ada di Tiap Tahun

113

Soloevent.id – Beberapa hari lagi, Indonesia bakal berulangtahun ke-74. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk merayakannya. Salah satunya lomba 17-an. Siapa, nih, yang waktu kecil suka ikut lomba 17-an?

Meski ada lomba-lomba berjenis baru, tapi lomba-lomba di bawah ini tetap menjadi favorit dan pastinya selalu seru.

1. Lomba balap karung

Bahan yang digunakan untuk lomba sangat sederhana, yaitu karung goni dan tali. Dalam lomba ini para peserta hanya perlu berlari atau meloncat memakai karung. Siapa yang paling cepat mencapai garis finis, dialah pemenangnya.

2. Lomba memindahkan kelereng menggunakan sendok

Para peserta harus mengemut sendok di mulut. Lalu sebutir kelereng ditempatkan di atas sendok. Peserta tercepat yang berhasil membawa kelereng tanpa terjatuh, ditentukan sebagai pemenang. Butuh konsentrasi dan keseimbangan di lomba 17-an ini.

3. Lomba makan kerupuk

Cukup simpel untuk mengadakan lomba ini. Hanya bermodal tali rafia panjang dan kerupuk. Kerupuk dibikin menggantung menggunakan rafia. Peserta harus menghabiskan kerupuk yang menggantung di atas wajah mereka dengan tangan terikat.

Nah, peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuk menjadi pemenangnya. Meski kelihat gampang, tapi enggak mudah buat menghabiskan kerupuk. Soalnya kerupuknya selalu bergoyang-goyang.

4. Lomba panjat pinang

Lomba ini dilakukan secara berkelompok. Kelompok dinyatakan menang jika berhasil mengambil bendera yang dipasang di atas tiang. Namun, banyak halangan yang harus dilalui. Salah satunya lincinnya tiang sebab dilumuri oli, sehingga waktu peserta memanjat, kemungkinan besar akan melorot.

Panjat pinang adalah salah satu lomba 17-an yang paling menantang karena dibutuhkan kerja sama dan ketahanan fisik masing-masing personel. Personel paling bawah menjadi penyangga personel lainnya, dia haruslah orang yang kuat. Sedangkan personel teratas menjadi eksekutor bendera. Biasanya dia adalah orang yang dinilai lincah.

Jika berhasil memanjat sampai puncak, banyak hadiah menarik yang disediakan.

5. Lomba tarik tambang

Ini kerap kali jadi lomba favorit ibu-ibu dan bapak-bapak. Biasanya satu RT akan melawan RT lainnya. Sama seperti panjat pinang, lomba ini dimainkan berkelompok.

Cara bermain lomba ini adalah masing-masing kelompok adu kekuatan menarik tali tambang . Kelompok yang paling kuat menarik adalah pemenangnya. Keseruan lomba akan dimulai ketika terjadi tarik-menarik sengit antarkelompok.



Nah, dari lomba-lomba di atas, mana yang pernah kamu ikuti?