5 Fakta Menarik Gamelan, Bunyinya Pernah Dibawa Ke Luar Angkasa

318

Soloevent.id – Gamelan pastinya enggak asing lagi buatmu, kan? Dan bahkan mungkin kamu pernah memainkannya. Salah satu instrumen khas Idonesia ini merupakan gabungan beberapa alat musik tradisional, seperti saron, kendang, demung, gambang, dan gong yang dibunyikan bersama-sama.

Kini, gamelan enggak cuma dimainkan oleh orang Indonesia. Warga asing mulai menggemari alat musik ini. Oleh seniman-seniman Indonesia, gamelan juga sering diperkenalkan di panggung-panggung mancanegara.

Bagi beberapa orang di Indonesia, gamelan dianggap salah satu instrumen yang sakral. Terlepas dari itu, gamelan ternyata menyimpan fakta yang menarik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut llima fakta menarik tentang gamelan.

1. Gamelan adalah salah satu alat musik tertua

Masyarakat Jawa mengenal gamelan sejak abad ke-8 Masehi. Hal itu dibuktikan dari penemuan relief gamelan pada dinding Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Wah, ternyata gamelan sudah ada sejak zaman nenek moyang, ya.

2. Gamelan dapat mengendalikan emosi

Selain sebagai musik tertua, keistimewaan gamelan lainnya adalah dipercaya mampu mengendalikan emosi. Saat pengrawit memainkan gamelan, mereka dapat belajar menahan emosi dan bekerja sama dengan penabuh lainnya untuk memainkan nada yang diinginkan.

Itulah kenapa bermain gamelan diyakini mampu mengendalikan atau mengubah emosi para pemainnya.

3. Gamelan masuk dalam proyek NASA

Pada tahun 1977 alat musik gamelan masuk dalam proyek Voyager milik NASA. Pada saat itu gamelan diikutkan dalam The Golden Record yang dikirim ke luar angkasa.

Isi dari The Golden Record tersebut adalah 115 gambar dalam bentuk analog dan berbagai bunyi alam, seperti ombak, angin, petir, burung, paus, dan hewan lainnya. Kemudian mereka menambahkan ragam musik dari berbagai budaya, salah satunya instrumen musik gamelan, dan ucapan salam dari manusia Bumi dalam 55 bahasa.

Menurut keterangan resmi dari website NASA, The Golden Record dibuat untuk mengomunikasikan cerita tentang Bumi kepada makhluk-makhluk di luar angkasa.

4. Gamelan mengisi ilustrasi musik di sekuel film The Hobbit

Gamelan adalah salah satu instrumen musik yang mengisi ilustrasi musik dalam film sekuel The Hobbit.

Kalau kamu pernah menonton film The Hobbit: The Desolation of Smaug, coba perhatikan adegan ketika Bilbo Baggins berjalan di atas harta karun di Lonely Mountain, tempat tinggal para kurcaci yang telah diambil alih oleh sang naga atau Smaug. Suara gemerincing koin emas yang tersimpan di Lonely Mountain tersebutlah yang dihasilkan oleh bunyi gamelan.

5. Gamelan jadi alat terapi narapidana

Di Inggris, Gamelan difungsikan sebagai sebuah pertunjukan musik untuk terapi para narapidana. Hal ini sudah dilakukan selama 10 tahun terakhir.

Gamelan Jawa sudah melakukan 4.000 kali terapi yang dapat membuat para pendengarnya lebih rileks.



Itu tadi 5 hal menarik tentang gamelan. Bila kamu ingin melihat pertunjukan gamelan secara langsung, kamu bisa datang ke Solo Gamelan Festival tanggal 23-24 Agustus 2019 di Benteng Vastenburg.