LIGA MAHASISWA BADMINTON SEIMBANGKAN AKADEMIK DAN OLAHRAGA

 

Soloevent.id – Setelah sukses menggelar berbagai kejuaraan olahraga di berbagai kota, kali ini Liga Mahasiswa (LIMA) mengadakan pertandingan badminton bertaraf nasional. Edisi perdana LIMA Badminton tingkat provinsi diselenggarakan di GOR Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, 11-18 April 2017.

Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton Kaskus Surakarta Subconference ini diikuti oleh delapan universitas di Jawa Tengah. Kategori yang dipertandingkan yakni Beregu Putra-Putri dan Perseorangan Putra-putri serta Ganda Campuran.

Peraih juara dari pertandingan ini memperoleh total hadiah senilai 30 juta Rupiah. Pemenang dari masing-masing kategori juga akan bertanding kembali dalam Liga Mahasiswa Nationals yang diselenggarakan di Bandung pada Mei 2017 mendatang.

Untuk ikut serta dalam ajang ini, student athlete harus melalui tiga tahap seleksi terlebih dahulu untuk bisa menjadi student athlete LIMA. Ada tiga hal yang diseleksi, yaitu akademik, atletik, dan social responsibility.

Seleksi Liga Mahasiswa dilihat dari Indeks Prestasi mahasiswa yaitu minimal 2.0, mahasiswa harus mewakili universitas bukan fakultas, dan tim yang bertanding harus melakukan bakti sosial sebelum mendaftar.

“Tiga syarat tersebut diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai peduli sosial kepada calon atlet mahasiswa dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya akademik, selain menjalankan olahraga agar seimbang,” ungkap Public Relations Liga Mahasiswa, Abdul Majid, kepada Soloevent.

Didukung oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen DIKTI) dan Kementerian Olahraga (KEMENPORA), serta dinaungi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Pusat, Liga Mahasiswa Badminton ini diselenggarakan untuk mewadahi mahasiswa agar aktif dalam kegiatan positif, salah satunya olahraga.

“Liga ini diharapkan dapat mengembangkan karakter mahasiswa agar disiplin, profesional, jujur, dan berani. Itu merupakan karakter mendasar yang akan berguna di dunia profesional baik di dunia kerja maupun olahraga” imbuhnya.

Menjadi seorang mahasiswa sekaligus menjadi penggiat olahraga memang tidak mudah. Namun, ada banyak manfaat yang akan didapat dalam berolahraga. Tidak hanya jasmani yang sehat tetapi juga memiliki karakter dan semangat olahraga.

Terkait

LIGA MAHASISWA BADMINTON: 8 UNIVERSITAS BERTARUNG DI SOLO Soloevent.id - Setelah sukses menggelar Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton di tiga kota, yaitu Yogyakarta, Malang dan Surabaya, kali ini LIMA Badmint...