Kreasso 2018 Tempatnya Anak-Anak Sekolah Pamer Karya

0
361

Soloevent.id – Kreasso atau Kreatif Anak Sekolah Solo merupakan event tahunan yang digagas Dinas Pendidikan Kota Solo. Acara ini merupakan ajang buat para pelajar di Kota Solo untuk menampilkan aktivitas dan kreativitasnya. Dalam Kreasso 2018 ada tiga hal yang diangkat, yaitu expo, education, dan performing arts.

Berbagai karya siswa dipamerkan dalam expo. Salah satunya adalah karya siswa-siswi SMA Negeri 3 Surakarta. Mereka menampilkan lukisan, miniatur rumah yang dibikin dari kayu dan miniatur pesawat berbahan styrofoam. “Ini semua karya siswa kelas XI dan beberapa miniatur adalah karya kelas XII, kami memamerkan karya ini karena materi di sekolah membahas tentang seni lukis,” kata salah satu panitia stan SMA Negeri 3 Surakarta, Abraham Bagus Mahendra.

Sedangkan SMA Negeri 6 Surakarta tak kalah kreatif. Mereka memamaerkan POC (pupuk organik cair) buatan siswa kelas XI. Proses pembuatan pupuk ini cukup mudah. Bahan dasarnya adalah bonggol pisang dan buah yang telah busuk. Bahan tersebut dihaluskan lalu dicampur air leri, air kelapa tua, gula jawa, dan bakteri E4. Setelah semua tercampur, bahan-bahan itu dimasukkan dalam wadah dan diamkan selama dua minggu. Proses terakhir adalah menyaringnya dan pupuk siap digunakan.

Salah satu pembuatnya adalah Afifah, siswi kelas XI IPA. “Kami dari kelas IPA selalu membuat karya ini setiap tahunnya. Selain mengajarkan menjadi kreatif untuk menciptakan suatu karya, kami juga belajar menjual hasil karya kami,” jelasnya kepada Soloevent.



Stan expo lainnya, SMP Negeri 4 Surakarta, menampilkan karya lukis cat air dengan menggunakan media MMT bekas. Salah satu lukisannya menampilkan wajah Presiden Joko Widodo. Lukisan karya siswa kelas VIII dan IX itu dibuat dengan teknik menggambar pola titik dot.

Selain yang ditulis di atas, ada 15 sekolah lainnya yang unjuk karya di Kreasso 2018. Kreasso tahun ini digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu (13-15/9/2018) di Benteng Vastenburg.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here